•   Selasa, 31 Maret 2020
Pendidikan

Petra Peduli Penyandang Disabilitas

( words)
Universitas Kristen Petra Gelar Seminar Perpustakaan Inklusif, melibatkan disabilitas dalam redesain inskulisif di Gedung Balai Pemuda Surabaya.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainnya termasuk menggunakan fasilitas umum seperti Perpustakaan. Universitas Kristen Petra kemudian menggelar Seminar Perpustakaan Inklusif bagi Kota Surabaya, melibatkan Disabilitas dalam Redesain Inklusif di Gedung Balai Pemuda (Gedung Barat) dan Perpustakaan Umum Kota Surabaya, Jalan Gubernur Suryo no 15-Surabaya, kemarin.

“Inklusivitas merupakan prasayarat utama bagi sebuah kota yang berkelanjutan. Termasuk diantaranya menyediakan fasilitas pendidikan yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Termasuk di dalamnya kemudahan akses fasilitas perpustakaan bagi penyandang disabilitas.”, urai Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc., selaku ketua panitia acara ini dan dosen Program Studi Arsitektur UK Petra.

Seminar yang diusung oleh Perpustakaan UK Petra dengan menghadirkan tiga pembicara yaitu Dr. Arina Hayati, S.T., M.T., selaku dosen Disabilitas Program Studi Arsitektur ITS Surabaya. Kemudian sebagai pembicara kedua adalah Dian Wulandari, SIIP., selaku Kepala Perpustakaan UK Petra. Dan pembicara ketiga adalah Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc.

“Kami berharap ini menjadi ajang forum diskusi yang menarik untuk mendengar kebutuhan para disabilitas dalam mengakses pendidikan melalui layanan perpustakaan yang ada selama ini. Sebab dengan adanya acara ini maka diharapkan akan melibatkan penyandang disabilitas dalam layanan perpustakaan yang inklusif”, urai Gunawan. Setelah acara seminar ini akan ada sesi kunjungan melihat akses perpustakaan umum kota Surabaya.byt

Berita Populer