•   Sabtu, 29 Februari 2020
Bisnis Makro

Perubahan Besar akan Datang di Android

( words)
Pembaharuan update aplikasi di Android


SURABAYAPAGI.com - Kamu yang pengguna Android, kerap kan mendapatkan pembaharuan aplikasi. Kadang pembaharuan aplikasi itu berjalan otomatis pada jaringan tertentu misalnya saat pengguna terhubung dengan WiFi.

Nah kini Google mengumumkan pembaharuan besar dalam pembaharuan aplikasi. Perubahan ini akan mengubah cara pengguna menggunakan Android, sebab berbeda dengan sebelumnya. Dikutip dari laman Express, Jumat 9 November 2018, dalam Android Developer Summit, Android mengumumkan pembaharuan aplikasi yang akan membuat pengguna nyaman sekaligus bisa memberitahukan ke pengguna pembaharuan tertentu harus dilakukan supaya sistem operasi terjamin aman.

Dalam Android Develper Summit, Google mengumumkan ’In-app Updates API’. Pembaharuan ini merupakan cara baru pengguna menerima pembaruan aplikasi. Google berjanji nantinya pengembang aplikasi Android akan memiliki dua opsi untuk memberikan informasi pembaharuan aplikasi ke pengguna.
Cara pertama, Android akan menampilkan pesan layar penuh di perangkat pengguna untuk segera memperbaharui aplikasi. Metode dengan layar penuh ini dipakai untuk menginfomasikan kepada pengguna bahwa pembaruan tersebut bersifat penting.
Namun pengguna juga memiliki opsi untuk menutup pemberitahuan jika mereka merasa menghabiskan baterai.
Metode yang dinamakan ‘immediate in-app update’ ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pembaruan yang perlu segera di-update, seperti perbaikan keamanan.

Metode kedua yakni ‘flexible in-app update’ yang mana memungkinkan pengembang untuk mengirimkan versi firmware baru di latar belakang aplikasi pengguna. Artinya pengguna masih dapat menggunakan smartphone selama proses pembaharuan aplikasi yang dimaksud.
"Kami mendengar banyak pengembang menginginkan lebih banyak kontrol, untuk memastikan bahwa pengguna menjalankan versi terbaru dan terbaik dari aplikasi. Untuk mengatasi ini, kami meluncurkan In-app Updates API. Kami sedang menguji API dan akan segera meluncurkannya ke semua pengembang," ujar Google.
Upaya perusahaan tampaknya diatur untuk membantu pengembang memastikan versi terbaru dari software mereka sudah digunakan oleh banyak pengguna. Meski pun pembaruan yang diunduh dari latar belakang terlihat menggiurkan, Google menegaskan itu masih dalam tahap pengujian.

Berita Populer