•   Senin, 27 Januari 2020
Ekonomi NKRI

Pertamina Klaim Produksi Migas Semester I Melampaui Target

( words)
Para pengerja pengeboran sumur minyak di sektor hulu Pertamina | Pertamina.com


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Performa sektor hulu PT Pertamina pada enam bulan pertama tahun 2019 menampilkan sumbangan positif kepada negara. Capaian ini berhasil dilakukan lantaran produksi dari beberapa lapangan minyak dan gas (migas), melewati target yang telah ditentukan.

Terkait hal ini, Direktur Hulu PT Pertamina Dharmawan H Samsu mengungkapkan, hingga bulan Juni 2019 lalu, jumlah produksi minyak menyentuh 413 MBOPD (Millions of Barrels of Oil Per Day) serta produksi gas yang mencapai 2.856 MMSCFD (Million Standard Cubic Feet per Day). Sementara untuk lifting dari sektor minyak tercatat sebanyak 371 MBOPD dan lifting dari sektor gas sebanyak 2.154 MMSCFD.

"Prestasi ini tentu didorong dari performa kerja anak usaha Pertamina di sektor hulu yang sangat cemerlang, terlebih sebagian di antaranya melebihi target yang telah ditentukan," cetus Dharmawan, Minggu (21/7/2019).

Dharmawan merinci, beberapa anak usaha PT Pertamina yang moncer antara lain PHE Ogan Komering yang sukses meraih produksi migas sampai 1.377 BOEPD (Barrels of oil equivalent per day), sementara targetnya hanya 905 BOEPD. Lalu ada PHE Jambi Merang yang sukses menghasilkan sampai 15.767 BOEPD alias lebih banyak dari target 15.712 BOEPD. Kemudian JOB Pertamina-Medco EP Tomori Sulawesi yang sukses menghasilkan 66.134 BOEPD dari target yang sebanyak 59.640 BOEPD.

Dharmawan menambahkan, serangkaian strategi terus digencarkan oleh Pertamina demi mendongkrak produksi migas, utamanya dalam mengelola sumur-sumur mature. Dengan menerapkan teknologi yang termutakhir serta optimasi sumur, sebagian lapangan sukses meraih jumlah produksi yang sesuai harapan.

Sebagian lapangan Pertamina sendiri diketahui menyumbang konstibusi lifting minyak melampaui target APBN seperti PHKT yang sukses menjalankan optimasi sumur eksisting dengan lifting yang menyentuh 11.307 BOPD alias 100,5% dari target APBN. Anak perusahaan Pertamina lainnya juga mencapai prestasi serupa dengan menerapkan strategipump optimization danwell service ini.

Berita Populer