Persiapkan Pemakaman, Liang Kubur Gus Sholah dekat Gus Dur

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, mulai mempersiapkan pemakaman untuk Jenazah KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

Rencananya, Jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di komplek makam keluarga di Ponpes Tebuireng pada Senin, (03/2/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Dari pantauan di lokasi komplek makam, terlihat tanah makam masih dilakukan penggalian.

Untuk lokasi liang kubur Gus Sholah, tepat berada di sisi utara makam KH Abdul Wahid Hasyim. Dan di sebelah barat, tidak jauh dari makam kakak Gus Sholah, Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

**foto**

Pengurus PP Tebuireng Jombang, KH Fahmi Amrullah menjelaskan, untuk lokasi peristirahatan terakhir Gus Sholah, dipilih keluarga dari hasil musyawarah keluarga pondok.

"Yang memungkinkan setelah kita cek itu di sebelah baratnya Gus Dur. Satu setengah meter sebelah barat makam Gus Dur," jelasnya, di lokasi PP Tebuireng Jombang, Senin (03/2/2020).

Menurut Fahmi, untuk lokasi pemakaman Almarhum Gus Sholah tidak pernah meminta atau memberikan pesan-pesan kepada keluarga.

"Yang jelas Gus Sholah tidak pernah memberikan wasiat kepada keluarga untuk minta dimakamkan. Tidak ada," pungkasnya.(suf)