Perizinan Stadion GBT Lancar, Persebaya Siap Tempur Persipura

SURABAYAPAGI.com, SURABAYA - izin pengunaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk laga Persebaya Surabaya melawan Persipura Jayapura dalam laga pekan ketiga Liga 1 2020, pada Jumat (13/3/2020) besok malam, sudah keluar.

Sehari sebelumnya, izin penggunaan stadion GBT sempat tersendat dan belum ada kejelasan.

Situasi ini jauh berbeda dari laga sebelumnya, di mana H-5 sebelum laga semua izin sudah keluar.

"Izin (penggunaan GBT sudah keluar tadi pagi jam 9.30 Wib. Kasus kemarin kami tersendat izin dari penggunaan stadion," terang Ram Surahman, Kamis (12/3/2020).

Ditambahkan Ram, tersendatnya izin penggunaan stadion dari Pemkot Surabaya, berkaitan dengan pajak.

Khususnya pajak hiburan yang ditangani Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota surabaya. Pasalnya, untuk pajak sewa tidak ada masalah.
"Pajak hiburan itu urusan Dispenda, kemarin kami lawan Persik itu ada aturan baru," kata Ram.
Aturan baru yang dimaksud Ram, Dispenda Kota Surabaya pada laga sebelumnya antara Persebaya vs Persik (29/2/2020) di Stadion GBT menurunkan tim untuk melakukan kroscek di lapangan.
"Selama ini setelah pertandingan, penonton berapa kami langsung bisa bayar. Sekarang tim dari Dispendak kirim tim, mereka kroscek di lapangan, sisi lain basis kami online, tidak yang faktual," ucap pria asal Gresik itu.

Dengan dasar perbedaan pengambilan data itu, terdapat jumlah data penonton sebagai dasar pembayaran pajak yang tidak sesuai antara basis data Persebaya dan Dispendak Kota Surabaya.

"Karena kalau umpama faktual di lapangan tidak bisa, di situ banyak juga yang masuk tidak bertiket, mungkin sebagai panpel atau kru dan lain-lain," tegas Ram.

Namun, setelah melakukan komunikasi intens, akhirnya masalah pajak selesai sehingga izin penggunaan stadion GBT keluar.

Termasuk juga izin keramaian dari pihak kepolisian yang baru akan keluar jika izin penggunaan stadion dari Pemkot Surabaya selesai.

"Teman-teman polisi proaktif juga sambil menunggu itu. Hari ini ada rakor Pam untuk persiapan pertandingan besok. Jadi simultan semuanya jalan, pertandingan tidak ada masalah," ucap Ram.

Selain izin sudah keluar, Ram juga memastikan, laga akan tetap digelar sesuai jadwal awal, kick off pukul 18.30 Wib.

Belajar dari kasus ini, Ram berjanji ke depan akan lebih mempercepat soal perizinan, terutama soal penyesuaian dengan sistem baru dari Dispenda Kota Surabaya.

"Setelah seperti ini berlaku yang pertama, setelah ini akan kami juga mempercepat itu. Artinya urusan pajak ini jangan sampai menjadi ganjalan seperti pertandingan ini," pungkas Ram Surahman.