•   Sabtu, 25 Januari 2020
Kediri

Peringati Hari Ibu, Ratusan Pemuda Meminta Maaf Dengan Cara Membasuh Kaki Ibu

( words)
Ratusan pemuda saat melakukan ritual membasuh kaki ibu diperingatan Hari Ibu ke 90 yang digelar Disbudparpora Kota Kediri.


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Kemeriahan acara peringatan hari ibu yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga ragah (Disbudparpora) Kota Kediri, Sabtu (22/12/2018) malam, mendadak berubah suasana haru disertai isak tangis.

Suasana haru ini terlihat ketika menginjak prosesi acara ritual membasuh kaki ibu. Prosesi ritual membasuh kaki didalam baskom tersebut sedikitnya melibatkan 100 orang ibu.

Para ibu ini didampingi oleh putera putrinya. Saat prosesi membasuh kaki berlangsung, para ibu tak kuasa lagi membendung perasaanya. Perlahan tak terasa air matanya mengalir membasahi pipi. Melihat sang ibu menangis, putra putrinya terbawah perasaan hingga akhirnya juga ikutan menangis.

Melihat momentum tersebut, para tamu undangan yang hadir di dalam gedung GOR Jayabaya Kota Kediri ikut terbawa suasana dan merasa haru.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan, makna dan pesan dari kegiatan ini adalah untuk menghormati jasa dari para orang tua khususnya ibu. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, bisa menjadi pelecut bagi kita semua agar lebih maju dalam segala hal dengan mendapat restu dari ibu.

"Pertama tama kita menghormati jasa para ibu ya. Kemudian menjadi spirit bagi kita untuk lebih maju ke depan dengan restu seorang ibu," terangnya.

Ditambahkan Nur Muhyar, ide ini muncul setelah pihaknya mendapat masukan dari Rock comunity serta generasi muda Kota Kediri untuk melakukan sebuah kegiatan yakni membasuh kaki ibu. Ia berharap kedepan apa yang diselenggarakan pada hari ini, nantinya bisa dikemas lebih menarik lagi.

"Kami Pemerintah Daerah mensuport apa yang menjadi ide bagus dari temen temen. Ke depan kemasan lebih bagus lagi bisa lebih menarik menumbuhkan minat, bahkan bisa menginsiprasi bagi anak anak kita," harapnya.

Terpisah David CB selaku panitia penyelenggara berharap,dengan adanya konsep acara membasuh kaki ibu, bisa memberikan warna agar kota Kediri bisa menjadi lebih baik.

"Setidaknya memberikan pemahaman, bagaimana kita membaktikan diri, nmemuliakan ibu dengan konsep membasuh kaki ibu," paparnya. Pergelaran acara peringatan hari ibu dihadiri oleh Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibah. Can

Berita Populer