•   Selasa, 18 Februari 2020
Peristiwa Hukum

Pererat Sinergitas, PN dan PWI Lamongan Gelar Olahraga Bersama

( words)
Keluarga besar PN dan PWI Lamongan berpose dalam agenda olahraga bersama. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Untuk mempererat sinergitas dalam menjalankan aktivitas, Pengadilan Negeri (PN) bersama dengan insan Pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lamongan menggelar olahraga bersama Jum’at ( 29/11/2019).

Olahraga untuk mempererat sinergitas dan tali silaturrahim antara dua lembaga tersebut, digelar kali pertama dalam sejarah hubungan antara Pengadilan Negeri (PN) dan wartawan yang bertugas di Lamongan.

"Memang ini awal yang baik, PWI bisa berkesempatan silaturrahim dengan menggelar olahraga bersama, semoga ini bisa semakin mempererat sinergitas untuk mendukung aktivitas, terima kasih kepada pak ketua dan keluarga besar PN," kata Bachtiar Febrianto, ketua PWI Lamongan dalam sambutanya.

Apalagi kata Febri panggilan akrab ketua PWI Lamongan, dalam sepanjang sejarah baru kali kini PWI bisa berolahraga bersama dengan keluarga besar PN. "Ini kegiatan kali pertama semoga kedepannya komunikasi ini terus terbangun sehingga kinerja kedua lembaga ini bisa berjalan dan saling menguntungkan," terangnya.

Ketua PN Lamongan Muhammad Sainal dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para wartawan yang tergabung di PWI Lamongan, yang sudah menyambangi kantornya, untuk mempererat sinergitas dan meningkatkan silaturrahim yang dibungkus dengan olahraga bersama.

Lebih jauh kata Sainal, insan pers selama ini cukup berarti bagi Pengadilan Negeri, selain bisa memberitakan aktivitas kegiatan PN, Pers juga bisa menjadi pengontrol kinerja Pengadilan.

Tidak hanya itu saja, PN dan Pers memiliki kesamaan seni dalam kinerjanya. Kalau Pers kata Sainal setelah menemukan berita, selanjutnya adalah mengelola berita, hingga menyampaikan informasi ke masyarakat, baik dalam bentuk tulisan, suara dan gambar.

PN kata Sainal juga memiliki seni dalam memutus sebuah perkara. Soal pasal dan narasi dalam keputusan tergantung siapa yang memutuskan, meski pasal yang digunakan dalam landasan putusan hanya ita itu saja." Kita sebenarnya punya kesamaan seni dalam bertugas," akunya.

Pengadilan saat ini lanjut Sainal, akan terus berupaya meningkatkan pelayanan, pembenahan di segala bidang, dalam upaya meningkatkan pelayanan khusus bagi masyarakat yang mencari keadilan. Salah satunya mendaftarkan perkara saat ini bisa dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan aplikasi e-court Pengadilan Negeri Lamongan.

"Sekarang untuk mendaftarkan perkara tidak harus di kantor, dimana saja bisa di rumah atau di tempat kerja, cukup melalui e-court," jelasnya.

Cara ini cukup efektif, untuk mengurangi pertemuan orang PN dengan orang pencari keadilan, begitu juga soal pembayarannya tidak harus datang, melalui e-court juga bisa dengan membayar melalui bank bank yang ada. "Jadi itu upaya kami, dan reformasi birokrasi di MA saya kira sudah luar biasa dalam upaya meningkatkan pelayanan dan keterbukaan untuk pencari keadilan," pungkasnya.jir

Berita Populer