•   Kamis, 23 Januari 2020
Skandal Selebriti

Percobaan Bunuh Diri di IG, Aida Saskia Cuma Ngeprank

( words)
Aida Saskia


SURABAYAPAGI.COM,- Aida Saskia bikin heboh setelah menyiarkan secara langsung percobaan bunuh dirinya di Instagram. Kejadian itu berlangsung kemarin, Senin, (9/12) malam dan langsung viral di dunia maya.


Image

Banyak orang panik melihat siaran langsung dari Aida di akun pribadinya itu. Dalam siarannya, Aida berusaha meminum cairan pembersih lantai yang tentu saja beracun dan mematikan.

Benny Prawira, pendiri Into The Light Indonesia, sebuah komunitas yang fokus mencegah bunuh diri, mengecam aksi prank tersebut. Menurut Benny, aksi itu dapat makin menyudutkan mereka yang benar-benar memiliki kecenderungan bunuh diri. Kelakuan Aida justru mempertebal pandangan negatif terhadap mereka. "Konsekuensi dari [prank Aida] itu, orang-orang semakin tidak memedulikan orang orang yang mencari bantuan di media sosial. Dianggapnya ini cuma bercanda doang," kata Benny kepada reporter Tirto, Selasa (10/12/2019).

Benny menjelaskan banyak yang memiliki kecenderungan bunuh diri mencari bantuan lewat media sosial. Ini terjadi sebab mereka tidak mendapatkan itu dari lingkungan terdekatnya. Namun meski telah jahil, bukan berarti Aida patut dirisak. Menurutnya "kalau kita malah menghina dia, mem-bully dia, dan ternyata dia memang benar suicidal, kan jadi bahaya." "Jadi memang paling baik adalah kita overestimate kondisi dia, kita anggap kondisi dia serius," kata Benny.

Psikolog Klinis Nirmala Ika menyampaikan bunuh diri meninggalkan trauma bagi orang-orang yang ditinggalkan. Biasanya kerabat dekat dari almarhum akan merasa bersalah. "Kalau orang meninggal karena sakit, karena kecelakaan, dia (keluarga/kerabat) mungkin memang kaget, tapi lebih menerima. Kalau karena bunuh diri, mereka akan bertanya, kenapa bisa bunuh diri, dan itu lebih membuat frustrasi, marah, bersalah. Campur aduk," kata Nirmala

Berita Populer