Perburuan Koin Kuno di Jombang Ditutup

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Okt 2020 14:32 WIB

Perburuan Koin Kuno di Jombang Ditutup

i

Aktivitas pencarian koin kuno di lahan sawah milik Samari ditutup. SP/ M. Yusuf

 

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Perburuan uang koin kuno di lahan sawah milik Samari (50), Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur, kini telah ditutup.

Baca Juga: Silpa Dana Desa untuk Pengerjaan Tempat Parkir di Mancilan Jombang, BPD: Salahi Aturan

Penutupan aktivitas pencarian koin kepeng tersebut, dilakukan oleh Pemerintah Desa Bareng atas perintah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Kepala Desa Bareng, Kasianto mengatakan, bahwa memang warganya banyak yang berburu koin kuno dilokasi lahan pertanian tersebut. Namun, pihaknya sudah melapor ke Disdikbud Jombang.

"Atas petunjuk dari dinas, kami melarang kegiatan pencarian barang yang diduga cagar budaya itu. Mulai kemarin sudah saya tutup agar tidak ada warga yang memasuki lahan milik Samari. Saya kasih tanda khusus," katanya, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga: Tanggapan Pj Bupati Jombang Usai Namanya Dikaitkan Masuk Bursa Pilbup 2024

Menurut Kasiyanto, dari pengakuan warga koin kuno itu dijual ke seorang pengepul. Namun pihaknya tidak mengetahui pasti siapa yang membeli. "Saya gak tau dijual kemana. Katanya dijual dengan harga tinggi," tukasnya.

Sementara itu, Kasi Sejarah dan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Anom Antono menerangkan, pihaknya sudah meminta kades setempat untuk menghentikan aktivitas pencarian benda diduga cagar budaya itu.

"Sesuai regulasi cagar budaya, memang masyarakat dilarang mencari benda cagar budaya maupun benda diduga cagar budaya. Pemdesa sudah mengimbau masyarakat untuk tidak lagi mencari benda tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Seperti diberitakan sebelumnya, warga beramai-ramai berburu koin kuno di Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Jombang.

Salah satu warga, Pitono (40) mengungkapkan, jika koin kuno yang ditemukan sudah mencapai 15 kilogram. Laku dijual seharga Rp 100 ribu per kilogram.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU