•   Sabtu, 4 April 2020
Kesehatan

Penyebabnya Ibu Hamil Ngidam Makanan Aneh

( words)
Wanita hamil.


SURABAYAPAGI.com - Terkadang wanita hamil memiliki keinginan ngidam dan ngemil yang tak biasa. Mulai dari mengidamkan makanan aneh, cokelat, mangga muda, atau makanan lainnya.
Namun, bagaimana jadinya, jika ibu hamil juga mengidamkan mengonsumsi busa, kapas hingga bedak dan bukan jenis makanan lainnya? Ya, keinginan makan-makanan aneh ini bisa dikategorikan sebagai masalah gangguan makan atau pica.
Pica atau gangguan makan yang didefinisikan sebagai konsumsi zat-zat yang tidak bergizi secara terus menerus selama kurang lebih satu bulan ini, ternyata juga bisa dialami ibu hamil.

Dilansir laman The Health Site, Pica pada ibu hamil sering terjadi karena faktor kebiasaan, bukan pengaruh hormonal. Pica adalah kondisi di mana seseorang memiliki keinginan mengonsumsi sesuatu yang tidak mudah dimakan dan tidak memiliki nilai gizi. Untuk mengenali pica saat hamil, bisa dicermati dari kebiasaan makan termasuk saat mengalami ngidam. Meski ngidam bukan kondisi medis, tapi lebih ke faktor budaya dan kebiasaan.
Kelainan pica yang terjadi pada anak dan wanita hamil bisa saja terjadi ketika mereka kekurangan kasih sayang dan perhatian. Juga bisa berhubungan dengan masalah kekurangan gizi.
Banyaknya penyebab pica bisa terjadi karena faktor lingkungan, nutrisi, sosioekonomi, fisiologi, budaya, dan psikiatri. Beberapa wanita rupanya mempraktikkan pica untuk tujuan pengobatan. Misalnya, tanah liat yang di makan di beberapa bagian daerah di Nigeria telah terbukti mengandung kaolinite dan bertindak sebagai pencegah diare atau antidiarrheal yang manjur. (viv/cr)

Berita Populer