Penyebab Tol Layang Jakarta Cikampek Macet Parah

SURABAYAPAGI.COM,- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memetakan sejumlah titik-titik kemacetan yang bakal terjadi pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Salah satunya adalah bakal terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Kasi Patroli Jalan Raya Korlantas Polri, AKBP Dedi Suhartono, mengatakan Jalan Tol Japek sendiri diprediksi akan mulai padat ketika memasuki kawasan Bekasi Timur sampai dengan Karawang Barat. Mengingat daerah tersebut masuk dalam kawasan industri dan masih adanya pembangunan sejumlah proyek.

"Di Japek kenaikannya biasanya 40 persen, sekarang 80 persen. Untuk kisaran (volume kendaraan) belum dilaporkan," kata Menhub saat meninjau Stasiun Pasar Senen kemarin. Akibat kemacetan ini pengelola sempat melakukan penutupan jalur yang baru dibuka tersebut. Budi menyampaikan, banyak kemungkinan yang bisa terjadi jika terjadi kemacetan cukup panjang di tol layang.

"Kita lihat kalau namanya Japek di ketinggian kalau mereka terlalu lama di atas berisiko habis bahan bakar, kelaparan, belum lagi nanti kalau yang pusing. Saya setuju dikurangi dulu supaya lancar," ujarnya. Dari laporan yang diterimanya, kemacetan yang terjadi di Japek sudah memakan waktu hingga dua jam. Padahal, waktu tempuh dari Jakarta ke Cikampek idealnya hanya membutuhkan waktu satu jam.