•   Minggu, 5 April 2020
Kesehatan

Pengobatan Menggunakan Air Liur, Apakah Bisa?

( words)
seorang perempuan yang membuka mulut


SURABAYAPAGI.COM, - Berdasarkan laporan dari para peneliti Belanda yang terdapat dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), di dalamair liur manusia terdapat histatin. Histatin bermanfaat untuk membunuh bakteri dan juga membantu mempercepat penyembuhan luka.

Penelitian tersebut juga menjelaskan mengapa luka di dalam mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi bisa sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang.

Meski sudah ada jurnal soal manfaat air liur untuk luka, belum ada penelitian yang cukup baik sehingga dokter bisa merekomendasikan pengobatan dengan ludah.

"Kita bilang sebuah treatment itu sesuatu hal bisa kita rekomendasikan ke pasien harus (dengan) lihat evidence based medicine. Untuk mendapatkan tahapan EBM yang baik itu sebenarnya harus lewat penelitian," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Dian Pratiwi.

Selain itu, memang di air liur terdapat beberapa enzim yang sifatnya mematikan bakteri tertentu. Walau begitu, belum tentu efektif bisa menyembuhkan luka.

"Berbahaya sih tidak, tapi belum tentu efektif," katanya.

Berita Populer