Pengamat: Keamanan Gopay Masih Lemah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Jun 2020 11:46 WIB

Pengamat: Keamanan Gopay Masih Lemah

i

Ilustrasi pembayaran Paypal dengan Gopay. SP/GJK

SURABAYA PAGI, Jakarta – PayPal menjadi salah satu layanan pembayaran digital dari luar negeri yang berani mengintegrasikan layanannya pada aplikasi Unicorn Indonesia Gojek lewat GoPay.

"Layanan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke dalam aplikasi Gojek, artinya pengguna dapat melakukan transaksi lewat PayPal yang bisa diakses melalui platform Gojek," tulis Market Head of PayPal International Cameron McLean.

Baca Juga: J3K, Program Gaya Hidup Sehat dari Gojek

Hadirnya PayPal di GoPay ini dikarenakan penggabungan dari Facebook, PayPal, Tancent dan Gojek. Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menilainya sebagai pengakuan di mana perusahaan teknologi paling inovatif di dunia melihat dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara. 

"Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital,” kata Andre, Kamis, 4 Juni 2020.

Baca Juga: GoFood Terus Bantu UMKM

Namun, Pengamat keamanan siber dari ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan layanan pembayaran digital milik Gojek yakni Gopay memiliki kerentanan keamanan pengguna yang dinilai tinggi. Apalagi saat ini untuk membayar tagihan PayPal, sudah bisa lewat Gopay.

Menurut Heru kerentanan keamanan pengguna itu terjadi hanya menggunakan kode OTP (one time password) atau kode verifikasi yang terdiri dari enam digit karakter yang umumnya dikirimkan melalui SMS atau e-mail.

Baca Juga: Uji Coba Sekat Pelindung GoRide dan GoCar

"Ya memang Gopay merupakan layanan dengan kerentanan keamanan pengguna yang tinggi, hanya butuh OTP akun seseorang bisa diambil alih. PayPal juga sama, banyak akun pengguna PayPal yang dibajak orang lain," kata Heru kepada CNNIndonesia.com via sambungan telepon, Kamis (4/6).

Oleh karena itu, ia menekankan kepada pengguna untuk berhati-hati ketika memanfaatkan layanan pembayaran digital tersebut.put1

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU