Pendidikan Vokasi Fokus Kadin Jatim Selanjutnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Jun 2020 11:44 WIB

Pendidikan Vokasi Fokus Kadin Jatim Selanjutnya

i

Suasana kegiatan belajar pendidikan vokasi. SP/PO

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebagai persiapan dan perencanaan untuk bersaing di dunia industry, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur mendorong seluruh sekolah dan industri yang berkomitemen menerapkan pendidikan vokasi sistem ganda.

“Pelaksanaan program vokasi ini sangat penting mengingat kebutuhan Sumber Daya Manusia atau SDM yang mumpuni dan sesuai dengan permintaan DUDI sangat tinggi. Untuk itu, Kadin Jatim akan segera melakukan rapat koordinasi dengan tiga instansi terkait, yaitu dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim dan Dinas pendidikan (Dindik) Jatim untuk membicarakan hal tersebut,” tegas Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto saat Webinar dengan tema “Bagaimana pemagangan semakin bermanfaat ditengah pandemic Covid-19”, Rabu (24/6/2020).

Persiapan harus segera dilakukan oleh pihak sekolah dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sehingga ketika sekolah sudah dibuka, program sudah bisa langsung dijalankan, baik di sekolah maupun di tempat kerja.

Adik mengatakan, program vokasi di Indonesia memang belum sepenuhnya sempurna dan masih dalam tahap mencari yang terbaik. Namun kondisi saat ini jauh lebih baik dibanding sistem pendidikan pemagangan sebelumnya, dimana anak didik tidak sepenuhnya dididik sesuai dengan keahlian dan kualifikasi keilmuan yang dimiliki.

Menurut Adik, sebenarnya pihak sekolah maupun DUDI sangat tertarik dan antusias untuk kembali melaksanakannya. Karena pasca pandemi, program vokasi menjadi mandeg dan sampai sekarang masih belum bisa kembali dilaksanakan.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU