•   Minggu, 5 April 2020
Kriminal

Pencuri Patung Dewa di Jember Diringkus Polisi

( words)
barang bukti patung yang berhasil dicuri


SURABAYAPAGI.com, Jember - Kuil pemujaan yang berada di areal pemakaman umat Khonghucu di Kecamatan Kalisat diobok-obok maling, Pelaku adalah Sugik (37) warga Desa Sumber Waru, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember digelandang ke Mapolsek Kalisat, sedang seorang pelaku lainnya masih buron.

Sugik yang saat ini buron terbukti melakukan pencurian patung dewa sesembahan umat Khonghucu. Aksi pencurian dua orang tersangka diungkapkan oleh Kapolsek Kalisat AKP Sukari.

“Kedua tersangka ini datangi areal pemakaman cina pada pukul 12 malam, 28 Juli 2019. Keduanya kemudian melompat pagar untuk masuk ke dalam kuil,” ungkap Sukari, Rabu (7/8/2019).

“Setelah berhasil masuk ke dalam kuil, dua orang tersangka ini kemudian mengambil patung dewa,” imbuhnya.

Kedua tersangka ini kemudian mengangkat patung tersebut menuruni bukit menuju motor tersangka Ahmad yang disembunyikan di kaki bukit.

“Kuil inikan diatas bukit, patung itu digotong berdua menuruni bukit menuju sepeda motor Ahmad. Setelah itu dengan berboncengan mereka membawa patung tersebut ke rumah tersangka Sugik ,” jelas Sukari.

Rencananya setelah berhasil dicuri patung dewa yang terbuat dari batu giok ini akan dijual ke seorang penadah di wilayah kecamatan Sukowono.

Namun nahas sebelum berhasil menjual barang curiannya, tersangka Sugik diciduk polisi setempat. Sedangkan tersangka Ahmad saat ini dalam pencarian oleh polisi. Akibat pencurian ini kerugian ditaksir senilai Rp 85 Juta.

“Patung dewa ini rencananya akan di jual ke penadahnya atau pembelinya yang ada di kecamatan Sukowono. Kita dapat informasi sempat ditawarkan Rp 200 juta itu makanya setelah mendengar informasi, tersangka kita tangkap,” sebutnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersangka Sugik saat ini harus mendekam di sel kantor polisi untuk menjalani proses hukum. Sedangkan tersangka Ahmad saat ini dalam pengejaran petugas.

“Kita masih kejar tersangka Ahmad. Lokasi persembunyiannya sudah kita ketahui,” pungkas AKP Sukari.

Berita Populer