Pemkab Sumenep Imbau Perusahaan Aktif Antisipasi Virus Corona

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketenagakerjaan mengimbau kepada seluruh perusahaan di daerahnya agar dapat meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumenep, Muhammad Syahrial pun telah mengeluarkan Surat Edaran dari Kementerian Ketenagakerjaan RI Nomor: M/3/HK.03/III/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Kewaspadaan terhadap Covid-19 yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Sesui petunjuk dari kementerian dan Pemprov Jawa Timur, kami mengintruksikan kepada pimpinan perusahaan agar mengantisipasi dan menyediakan alat pencegahan Covid-19,” kata Muhammad Syahrial, melalui Kabid Industrial dan Jaminan Sosial Disnaker Sumenep, Kamarul Alam, Sabtu, (4/4/2020).

Kamarul Alam menjelaskan, kegiatan pencegahan dan antisipasi yang perlu dilakukan di perusahaan seperti memberikan sosialisasi kepada pegawai berupa penyuluhan langsung atau pun melalui banner dan lain sebagainya.

Kemudian menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh, tempat cuci tangan, masker, dan hand sanitizer bagi pekerja yang akan masuk dan keluar dari kantor ataupun pabrik.

“Perusahaan juga diimbau untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di lingkungan perusahaan,” tuturnya.

Dia pun meminta kepada perusahaan, baik menengah maupun besar agar tetap berhati-hati dan wasapada. Tujuannya, agar semua pekerja terhindar dari wabah virus corona ini. “Alhamdulillah, puluhan perusahaan yang ada di Sumenep sudah melaksanakan anjuran itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, jika terjadi gejala Covid-19, Kamarul Alam mengimbau agar pihak perusahaan segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan atau kepada Tim Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sumenep. (haz)