Pemkab Gresik Bangun Mapolres Rp 35 M

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meresmikan pembangunan Mapolres Gresik di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Senin (18/11).

Gedung berlantai 4 tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 11.146 m2 dengan anggaran Rp 35 miliar. Sumber pembiayaan berasal dari dana hibah Pemkab Gresik tahun anggaran 2019.

Bupati Sambari Halim Radianto mengatakan, rencana untuk memindahkan markas Polres dari Jalan Basuki Rahmad merupakan rencana sejak dia menjabat Bupati pada 2010.

"Sudah beberapa Kapolres berupaya keras untuk memindahkan tetapi selalu saja ada kendala. Dananya sudah disiapkan tapi lahannya sulit didapat," ujar Sambari memberi contoh kendala yang dihadapinya.

Namun seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati periode keduanya pada 2021, Sambari bersama mantan Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro berhasil mendapatkan lahan strategis untuk lokasi Mapolres yang baru.

Rencana matang itu kemudian dilanjutkan Kapolres AKBP Kusworo Wibowo dengan menggelar pemancangan tiang pondasi oleh Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan.

Apresiasi dan penghargaan disampaikan Kapolda Irjen Luki Hermawan kepada Bupati Sambari, Wabup Qosim dan Ketua Dewan Fandi Akhmad Yani yang sudah merealisasikan dana pembangunan Mapolres Gresik di lokasi yang sangat strategis.

Di tengah sambutan peresmian, Irjen Luki juga menginformasikan bahwa pada awal 2019 dia sudah mengusulkan kenaikan status Polres Gresik dari tipe C menjadi tipe B. "Nantinya setingkat Polrestabes dengan Kapolres berpangkat Komisaris Besar," ungkapnya yang disambut aplaus yang hadir.

Namun dari beberapa Polres yang diusulkan untuk naik kelas, baru Banyuwangi dan Malang Kota yang sudah disetujui. "Dalam waktu dekat ini saya akan meresmikan kenaikan tipe kedua Polres tersebut," tambahnya.

Selain Polres Gresik, ada Polres Malang Kabupaten, Jember dan Tuban yang ’antre’ naik kelas setingkat.did