•   Kamis, 2 April 2020
Ekonomi China

Pembuat Telepon Cina Mendominasi Pasar Dalam Negeri

( words)
Petugas yang menunjukkan ponsel pintar Huawei Mate 20 X (5G) SP/Xnh


SURABAYAPAGI.com - Salah satu laporan mengatakan bahwa, produsen ponsel domestic telah mendominasi sektor ponsel pintar China, dengan pangsa pasar gabungan mereka yang melebihi 80 persen.

“Penjualan smartphone telah mencapai 190 juta unit pada semester pertama tahun ini, turun 6 persen YoY” kata sebuah laporan dari firma riset pasar CINNO.

Raksasa Teknologi China berhasil menduduki peringat pertama dengan sumbangan 34,3 persen dari jumlah keseluruhan. Dikuti oleh Oppo yang berdiri pada peringkat kedua dengan sembangan sebesar 18,6 persen. Selanjutnya posisi yang sama juga dijajaki oleh Vivo yang menyumbang 18,5 persen. Terakhir, posisi ketiga diisi oleh Xiaomi dengan 12,3 persen pangsa pasar.

Perlu diketahui bahwa Rabu lalu, Xiaomi berhasil masuk di jajaran perusahaan elit Fortune 500. Dengan peringkat ke-468 dengan pendapatan sebesar US$26.443 (sekitar Rp389 triliun) dan pendapatan bersih sebesar US$2.049 juta (sekitar Rp30 triliun) pada tahun fiskal sebelumnya.

Apple dan Samsung, yang dulunya merupakan dua merek ponsel pintar teratas di pasar Cina, melihat akun penjualan mereka masing-masing sebesar 8,06 persen dan 1,5 persen dari total penjualan.

Pembuat smartphone domestik telah fokus pada peningkatan perangkat keras mereka sambil menjaga harga tetap rendah, yang membuat produk mereka lebih kompetitif untuk memenangkan konsumen, menurut laporan itu.

Berita Populer