Pelaku Spesialis Bobol Rumah, Ditangkap Jatanras Polrestabes Surabaya

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil menangkap dua pelaku spesialis pembobolan rumah.

Dua pelaku yang berhasil ditangkap adalah Joko Purnomo (37) warga Sidodadi, Malang dan Wilis Legowo (25) warga Sukorejo, Nganjuk. Sehari-hari kedua tersangka tinggal di Bundaran Waru.

Saat beraksi, kedua tersangka yang menganggur ini menyisir jalanan Tol. Kemudian pelaku memanjat dinding pembatas jalan Tol dan masuk rumah korban secara spekulasi dengan merusak genteng rumah korban.

"Satu pelaku beraksi masuk kedalam rumah dan mencari beberapa benda berharga, selanjutnya satu lagi menunggu diluar dan berjaga-jaga," terang Kanit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya, AKP Agung Widoyoko, Selasa (24/7) siang.

Dalam beraksi, kedua pelaku hanya berbekal insting dan keberuntungan. Total sudah dua belas tempat kejadian perkara (TKP)yang sudah berhasil disatroni keduanya. Enam di wilayah Sidoarjo dan enam lainnya di Surabaya. Hasilnya, sudah hampir ratusan juta mereka dapat dari tindak kejahatan yang mereka lakukan.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan jika satu pelaku yakni Joko merupakan residivis dalam kasus serupa. Joko pernah ditangkap polsek Taman Sidoarjo pada 2014 lalu. Saat ditangkap, Joko juga berusaha melarikan diri. Petugaspun terpaksa menembak kaki kanan Joko agar tidak kabur.

"Kami tangkap saat keduanya mengendarai motor. Kemudian kami hentikan di jalan Pejaya, Krian Sidoarjo, Rabu (11/7) siang. Satu tersangka terpaksa kami tembak kakinya karena berusaha kabur," imbuh Agung.

Atas perbuatannya, kedua pelaku ini harus mendekam ditahanan Polrestabes Surabaya. Mereka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.