Peduli Covid-19, Bank Artha Graha Surabaya Bagikan Paket Sembako Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 19 Mei 2020 16:33 WIB

Peduli Covid-19, Bank Artha Graha Surabaya Bagikan Paket Sembako Gratis

i

Pembagian paket sembako oleh Bank Artha Graha International (AGI) Cabang Surabaya untuk masyarakat terdampak .SP/RMC

SURABAYA PAGI, Surabaya - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), dimanfaatkan oleh Bank Artha Graha International (AGI) Cabang Surabaya memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak.

Di Surabaya, Bank AGI memiliki 4 kantor cabang yakni Cabang Utama Surabaya Jl Karet, Cabang Pembantu HR Muhamnad, Cabang Pembantu Ir Soekarno MERR dan Cabang Pembantu Prapen. Melalui program corporate social safety responsibility (CSSR), Bank AGI Cabang Surabaya membagikan paket sembako gratis kepada warga kampung binaan di empat Kantor Cabang, serta kepada warga yang membutuhkan akibat terdampak Covid-19 ditambah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

Executive Officer Bank AGI Cabang Utama Surabaya Karet, Selvy Hutomo menjelaskan, pembagian paket sembako melalui program Artha Graha Peduli tersebut sebagai bentuk kepedulian sosial Bank Artha Graha Internasional kepada warga di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kami berharap, bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, apalagi saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Selvy Hutomo, kepada Surabaya Pagi, Selasa (19/5/2020).

 WhatsApp_Image_2020-05-19_at_16.18.13_(1)_1WhatsApp_Image_2020-05-19_at_16.18.13_(1)_1

Serentak di Indonesia

Pembagian paket sembako tersebut digelar serentak di seluruh kantor cabang Bank AGI di Indonesia. Senior Artha Graha Peduli (AGP), Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri menyampaikan, Ramadan tahun ini berbeda dengan Ramadan sebelumnya.

Karena Ramadan pada 2020 ini bersamaan dengan pandemi Covid-19. Wabah ini berdampak ke segala aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain.

"Sejak terungkap ada pasien Corona di Indonesia pada Maret, kami sempat terpikir apakah aksi bakti sosial AGP yang rutin digelar setiap Ramadan bisa dilaksanakan pada Ramadan ini," kata Kiki dalam keterangan rilisnya yang diterima Surabaya Pagi, Selasa (19/5/2020).

Kiki menjelaskan, justru pendiri AGP yaitu Tomy Winata meminta kegiatan tersebut harus tetap dilaksanakan. Sebab pada masa sulit-sulit seperti inilah yang sudah sebulan lebih, warga mengalami kesulitan ekonomi dan harus mendapat bantuan sembako dan bantuan lainnya.

"Biasanya setiap Ramadan, ada Pasar Murah Sembako AGP yang selalu didukung oleh para pengusaha nasional. Kali ini dengan dukungan para pengusaha nasional, AGP melakukan bantuan sembako dan bantuan lainnya langsung diberikan kepada warga kurang mampu secara gratis dengan tetap mengikuti protokol medis seperti menjaga jarak, memakai masker, dan lain-lain," ungkap Kiki.

 

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Karyono Segera Salurkan Bantuan 1.000 Baja Ringan ke Pulau Bawean

Dapur Umum dan Rumkitlap

Kiki menambahkan awal Ramadan, AGP juga membuka dapur umum di Pademangan Jakarta Utara sejak 1 Mei 2020 sampai 10 Mei 2020. Dapur umum ini dikelola oleh warga setempat dan relawan AGP dengan tetap memakai masker dan sarung tangan ketika memasak.

Setiap hari, warga dan AGP memasak 200 porsi makanan yang kemudian diantar oleh relawan AGP ke rumah warga masing-masing agar penduduk tetap di rumah. Selain di Pademangan, AGP juga memberikan bantuan peralatan untuk Dapur Umum Kasih Bhayangkari di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelum Ramadan, AGP juga telah membuka Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Jalan Pasir Putih Raya No. 40 Ancol, Jakarta. RS ini memiliki fasilitas lengkap seperti tes cepat, pemeriksaan darah, ruang bedah, ruang isolasi, ruang perawatan biasa dan lain-lain dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Rumkitlap ini dibangun selama tiga minggu dan dioperasikan sejak 24 Maret 2020 dengan 15 dokter internal, delapan dokter spesialis relawan dari berbagai RS dan puskesmas, 34 perawat, serta sejumlah relawan yang telah dibekali protap kesehatan. “Hingga 11 Mei 2020, total ada lebih dari 9000 warga yang sudah 'rapid test' (tes cepat) di Rumkitlap AGP," ungkapnya.

 WhatsApp_Image_2020-05-19_at_16.18.13_1WhatsApp_Image_2020-05-19_at_16.18.13_1

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Operasi Pasar

Selain memberikan paket sembako gratis, AGP bersama PT. Angel Product melakukan operasi pasar gula di Banten dan Jabodetabek. Operasi pasar gula juga dilakukan di Jawa Tengah, Semarang, Kendal dan Solo menggandeng PT. Industri Gula Nusantara.

"Operasi pasar ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan harga gula di pasar," jelasnya.

Kegiatan rutin pemberian sembako juga dilakukan oleh AGP bersama Bank Artha Graha Internasional (AGI) melalui program beras Jumat. Selain itu AGP bersama Bank AGI juga melakukan program kampung binaan di sekitar wilayah cabang BAGI.

“Untuk paket sembako dan bantuan lainnya yang diberikan AGP didukung oleh para pengusaha nasional Indonesia," imbuhnya. rmc

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU