Pedagang Pasar Turi Mengeluh, Khofifah Siap Atasi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Cagub Jawa Timur nomor urut satu sambangi penampungan pasar turi surabaya. Dalam kampanyenya ia berkeliling serta bercengkerama dengan pedagang. Tepat usai salat Jumat (4/5/2018) Khofifah dan rombongan tiba di lokasi.

Khofifah berjalan berkeliling penampungan pedagang pasar turi. Dalam kelilingnya Khofifah juga menyapa dan bergaya saat ada yang mengajaknya selfi.

"Selfi bu. Semoga bu Khofifah menang," ujar beberapa pedagang yang mengajak selfie
Koordinator pedagang pasar turi, Taufik menyampaikan keluhan pedagang pasca terbakarnya pasar turi hingga kini yang sudah terbangun megah. Ia mengungkapkan kalau pedagang pasar turi sudah melunasi uang bayar pasar turi namun uang tersebut tidak diserahkan kepada negara sekira 300 milyar rupiah.
"Lantas pedagang juga ditarik pungutan strata tiple. Pungutan ini tidak pernah ada sertifikat notarisnya," keluh Taufik.
Taufik juga menjelaskan kalau pedagang sampai saat ini enggan menempati pasar turi yang baru pasalnya belum ditempati saja sudah banyak sekali pungutan-pungutan di luar uang bayar stand.
"Coba bayangkan belum apa-apa kita (pedagang) sudah dipungut uang denda bunga yang bukan sedikit. Puluhan bahkan ratusan juta" ungkapnya lagi
Hal itulah yang menjadi hal yang aneh menurut Taufik pasalnya itu merupakan bukan salah dari pedagang namun yang terjadi sebaliknya. Ia berharap permasalahan ini bisa diselesaikan Khofifah ketika jadi Gubernur nanti.
"Semoga bu Khofifah bisa menyelesaikan permasalahan ini kalau jadi Gubernur," katanya lagi.
Khofifah mengaku sangat kaget dengan kejadian di pasar turi. Ia menganggap pasar turi merupakan penggerak ekonomi wilayah Indonesia Timur. Maka dari itu Pemkot dan Pemprov jarus segera turun tangan bersama mengatasi masalah ini.
"Ini wilayah pemkot tapi ini juga di wilayah Jawa Timur jadi harus segera ada peetemuan yang bisa dilakukan pemprov dan pemkot," ujarnya
Ia berjanji akan segera bersikap jika nanti jadi Gubernur Jawa Timur. Sebab pasar turi sangat penting bagi peningkatan perekonomian Jawa Timur. Investor dan pemkot harusnya bisa duduk bersama untuk merundingkan kembali persoalan pasar turi.
"Memanggil investor dan pengelolanya untuk membuka kembali kontrak-kontraknya. Menyiapkan langkah strategis. Renegosiasi harus dilakukan," tegasnya.
Selain berkeliling dan ngobrol dengan pedagang ada hal yang menjadi menarik perhatian yaitu ketika ada salah satu pedagang yang mencegat Khofifah kemudian mendoakannya dengan lantang agar menjadi Gubernur Jawa Timur pengganti Pakde Karwo. Doa tersebut akhirnya diamini oleh kerumunan pedagang pasar turi.ay