PBOC Stabilkan Sentimen Pasar

Kontributor Surabaya Pagi di Beijing, Zhen Cheng - China akan mengadopsi langkah-langkah stabilitas keuangan tambahan pada hari Senin untuk mencegah volatilitas pasar dan mendorong pinjaman kepada bisnis non-keuangan, untuk membantu mengembalikan ekonomi yang dilanda epidemi ke keadaan normal.

Pelepasan dana baru 550 miliar yuan ($ 78 miliar) ke dalam sektor keuangan akan efektif sebelum China melaporkan indikator ekonomi Januari dan Februari, termasuk produksi industri dan investasi aset tetap. Injeksi likuiditas itu akan menstabilkan sentimen pasar dan mempermudah kondisi keuangan yang

Diperketat setelah pasar ekuitas global turun tajam pekan lalu, kata analis.

Bank-bank yang memenuhi kriteria tertentu dapat menyimpan lebih sedikit cadangan tunai setelah otoritas mengumumkan pada hari Jumat pengurangan rasio persyaratan cadangan sebesar 0,5 hingga 1 poin persentase. Beberapa bank saham gabungan yang memenuhi syarat, di mana pemerintah dan

Sektor swasta bersama-sama memiliki saham, akan diizinkan untuk menurunkan RRR dengan tambahan 1 poin persentase.

Itu adalah langkah terbaru oleh People’s Bank of China, bank sentral, untuk mengarahkan lebih banyak dana ke perusahaan-perusahaan kecil yang berjuang untuk mengakses pinjaman bank dan untuk menopang pasar dan bisnis yang terkena dampak epidemi.

"Waktu pemotongan RRR yang ditargetkan mungkin menyarankan Beijing ingin menggunakan pemotongan ini untuk mengimbangi kemungkinan sentimen negatif," kata Lu Ting, kepala ekonom Cina di Nomura Securities.

"Memotong RRR adalah cara terbaik dalam situasi saat ini untuk mengurangi tingkat pinjaman bank yang sebenarnya karena dapat meningkatkan pasokan dana murah untuk bank" dan kemudian meningkatkan kredit terutama untuk perusahaan kecil dan menengah, menurut Lu.

Dia memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga deposito satu tahun dan suku bunga pinjaman menengah satu tahun masing-masing sebesar 0,25 poin persentase dalam beberapa bulan mendatang.

Otoritas moneter China akan mengambil langkah-langkah yang lebih luas untuk lebih lanjut menurunkan suku bunga kredit untuk sektor nonkeuangan, bahkan jika itu berarti mengorbankan sebagian dari keuntungan bank komersial, untuk mengurangi dampak wabah dan mempercepat dimulainya kembali

Produksi, Sun Guofeng, kepala pusat departemen kebijakan moneter bank, mengatakan pada hari Minggu.

Bank sentral akan menjaga likuiditas pada tingkat yang cukup luas, yang dapat membantu mengurangi biaya pembiayaan, kata Sun.

Pejabat bank sentral juga menekankan bahwa suku bunga deposito acuan akan memainkan peran kunci dalam seluruh sistem suku bunga karena diskusi yang memanas baru-baru ini telah muncul tentang apakah otoritas moneter harus menurunkan suku bunga deposito satu tahun untuk meringankan beban bank dan lebih jauh mendorong lebih murah Pinjaman.