•   Rabu, 26 Februari 2020
Otonomi Daerah

Pasok Air Bersih Warga Kebanjiran, Hj Mimik Idayana Bantu Tandon Air 5100 Liter

( words)
Penyerahan bantuan tandon air dari anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Hj Mimik Idayana pada warga dua desa yang kebanjiran


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Wakil Ketua Komisi D Zahlul Yussar dan anggota Komisi D Hj Mimik Idayana ikut kerja bakti bersama warga Tanggulangin serta instansi terkait dan sejumlah relawan untuk membersihkan material banjir di Desa Kedungbanteng dan Desa Banjarasri Kec Tanggulangin yang kebanjiran, Selasa (28/1).
Kedua wakil rakyat itu langsung turun ikut membersihkan material banjir dan memberikan bantuan ke warga. Zahlul Yussar langsung membantu mengerahkan empat truk untuk mengangkut material banjir dan sampah dari sungai serta ranting pohon yang ditebang.
Selama kebanjiran, kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri Tanggulangin, menjadi kebutuhan paling urgen selama banjir terjadi beberapa pekan ini.
Untuk meringankan beban warga ini, Hj Mimik Idayana anggota komisi D DPRD Sidoarjo dari Dapil Sidoarjo 2 (Candi-Tanggulangin-Jabon-Porong) memberikan bantuan air bersih beserta tandon airnya dengan kapasitas 5100 liter.
Penyerahan tandon air itu, dilakukan pada Selasa (28/1/2020) langsung di lokasi terdampak, tepatmya di sisi timur Gapura masuk Desa Banjar Asri. Pada penyerahan tandon air ini, hadir juga Camat Tanggulangin Sabino Mariano dan wakil ketua komisi D DPRD Sidoarjo Zahlul Yussar.
“Suplay air bersih sangat dibutuhkan warga dua desa ini. Karenanya kita siapkan air bersih agar masyarakat terbantu untuk kebutuhan minum, masak maupun untuk mandi,” jelas Hj Mimik Idayana setelah penyerahan tandon air kepada Kuswanto selaku Pj Kepala Desa Banjar Asri.
Menurut Hj Mimik Idayana, selain kebutuhan air bersih, genangan air agar bisa cepat surut juga menjadi hapanan warga.
Karenanya, Hj Mimik mendorong Pemkab Sidoarjo segera mengambil langkah cepat baik dengan menurunkan pompa air, maupun membangun saluran air. “Kita harapkan ada langkah kongkrit, untuk membenahi sungai, yakni dengan pelebaran dan normalisasi sungai, agar warga dua desa tidak kebanjiran lagi,” jelas Hj Mimik Idayana.
Untuk pengisian tandon pihak PT Minarak Lapindo Jaya menyatakan siap mengirim truk tangki air bersih setiap hari.
Saat dilakukan kerja bakti bersama genangan air akibat banjir yang sudah beberapa pekan ini terjadi di kawasan Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri Tanggulangin, masih ada di beberapa titik.
Untuk mempercepat surutnya genangan air itu, masyarakat bersama stake holder terkait baik dari TNI, Polri, ASN, Pasukan Kuning Dinas Kebersihan,Tagana dan beberapa unsur lain, bahu membahu membersihkan sampah di sepanjang sungai Kedung Banteng. sg

Berita Populer