•   Rabu, 26 Februari 2020
Pilgub2018

Pasangan Khofifah-Emil Makin Solid

( words)
Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, saat silaturahim ke rumah KH Robbach Maksum, Jumat (2/2/2018).


SURABAYAPAGI.com, Gresik- Bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, terus gerilya ke pelosok Jawa Timur. Jumat (2/2/2018), pasangan tersebut berkunjung ke rumah mantan bupati Gresik dua periode 2000 hingga 2010, KH Robbach Maksum. Agenda silaturahim tersebut, dihadiri ratusan ibu-ibu muslimat Nahdlatul Ulama (NU).
“Ini hanya silaturahmi yang kami lakukan, karena kalau kampanye memang belum waktunya. Saya dan Mas Emil ke sini untuk menyapa ibu-ibu sekalian, sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Kyai Robbach selaku sesepuh dan sosok panutan,” ucap Khofifah di hadapan ibu-ibu muslimat NU di kediaman KH Robbach Maksum, Jumat (2/2/2018).
Ia mengaku terus menggelar acara kunjungan ke beberapa daerah di Jawa Timur bersama Emil Dardak. Ini dilakukan untuk menyapa warga dan menjalin komunikasi dengan sosok yang dianggap figur.
“Sebab kalau menunggu nanti takutnya tidak kesampaian, karena kita akan menyambangi 38 kota/kabupaten," ucapnya.
. Sementara itu, KH Robbach Maksum menyatakan, dirinya tidak ragu dalam memberikan dukungan kepada pasangan Khofifah dan Emil Dardak. Sebab pasangan tersebut dianggap paling positif (baik) ketimbang calon lain.
“Menurut keyakinan saya, Bu Khofifah itu yang paling positif dibanding yang lain. Agama mengajarkan kepada kita, yang positif, yang baik itu yang harus diprioritaskan. Itulah dasar saya memilih Bu Khofifah, karena saya meyakini dasar itu," ucapnya.
Dalam kesempatan ini, Khofifah pun mengisahkan awal mula perjumpaannya dengan Emil. Dia mengenal Emil pertama kali saat pemilihan Bupati Trenggalek.
"Saya sih mengenal Mas Emil ketika menjelang pencalonan pilbup di Trenggalek," kisah Khofifah. Kala itu, Khofifah juga sempat bertegur sapa dengan istri Emil, Arumi Bachsin.
Emil meninggalkan jejak di ingatan Khofifah sebagai sosok yang santun dan cerdas saat pertemuan perdana itu. Semakin lama mengenali Emil, Khofifah kagum melihat cara kerja Bupati Trenggalek itu. Khofifah menilai Emil mampu membangun Trenggalek dalam waktu yang terbilang singkat.
Menurut Khofifah, pembangunan di Jawa Timur masih belum merata terutama di bagian selatan. Oleh sebab itu, Khofifah tertarik untuk "melamar" putra pertama mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak itu sebagai pendampingnya di Pilgub Jatim.
"Oleh karena itu, apa yang sudah diinisiasi oleh Mas Emil untuk bisa membangun percepatan pembangunan dan penyejahteraan masyarakat di wilayah selatan itu memang menjadi kebutuhan Jawa Timur," papar Khofifah.
Sementara Emil mengungkapkan bahwa komunikasi yang dijalin dengan Khofifah selama Pilkada 2018 ini tidak intens. Emil merasa terhormat bisa mendampingi Khofifah lantaran dikenal baik di kalangan kiai di Jawa Timur.
"Beliau memang juga mendapatkan advice dari berbagai senior baik itu para kiai terutamanya kiai dan ibu nyai. Tapi juga tentunya memperhatikan juga saran-saran dari beliau-beliau para petinggi partai politik atau tokoh-tokoh senior yang ada di Indonesia," jelas Emil.
Saat ini keduanya tengah fokus merancang program andalan untuk diperkenalkan saat kampanye nanti.
Khofifah-Emil percaya, unsur terpenting kampanye adalah bertemu dengan masyarakat. Untuk mewujudkan visi tersebut, baik Khofifah maupun Emil akan mengedepankan dialog dengan warga baik secara langsung maupun digital.lip/mas

Berita Populer