Pandemi Corona, Pemkab Malang Genjot PAD di Sektor Wisata

Bupati Malang HM. Sanusi saat mengangkat tangan sambil menyapa warga masyarakat yang datang ke Taman Wisata Bedengan seusai melepas bibit ikan nila. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang berupaya menggenjot PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui sektor pariwisata di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Pihak Pemkab Malang terus melakukan segala macam upaya agar sektor pariwisata mulai destinasi wisata buatan maupun yang tersedia dengan sendirinya atau alami, menjadi pendorong bagi masyarakat agar semangat kembali, meskipun masih di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu destinasi wisata alami yang dikemas dan direnovasi sedemikian rupa yaitu Taman Wisata Bedengan yang terletak di Desa Kaliasri, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang.

Bupati Malang Sanusi yang datang untuk meresmikan Taman Wisata Bedengan tersebut mengatakan, bahwa dulunya wilayah yang sekarang telah dipermak menjadi bagus, tidak terawat.

"Desa Wisata Bedengan ini sejak saya jadi Bupati awal September 2019 dulu, itu kan masih jalannya jelek, ya kita bantu paving. Sekarang sudah jadi begini (bagus, red) sehingga ini dapat menambah PAD di desa," katanya.

Sanusi menuturkan, bahwa menurut pemaparan Kepala Desa Kaliasri, Gaguk, bahwa Taman Wisata Bedengan dalam hitungan 7 hari dibuka telah mendapatkan omzet belasan jutaan rupiah.

"Kalau satu minggu sementara ini katanya Pak Kades sudah bisa masuk Rp 15 juta," katanya lagi, Minggu (20/9/2020).

Bupati Malang menuturkan kembali, bahwa Taman Wisata Bedengan ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata jujukan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Karena selain keindahan alami yang disajikan, letak dari destinasi wisata ini merupakan arah jalan menuju Pantai Ngliyep.

Selain menyajikan keindahan alamnya, di dalam Taman Wisata Bedengan, Sanusi mengatakan, bahwa juga terdapat tempat sebagai perkembangan ikan yang nantinya dapat diperjual belikan dan sebagai tambahan ikon wisata. Dsy1