•   Minggu, 23 Februari 2020
Pemilu

PAN Siapkan Saksi Terlatih Demi KIP-Emil

( words)
Bendahara DPW PAN, Agus Maimun (SP/IBNU)


SURABAYAPAGI, Surabaya - Penguatan dari sisi saksi di TPS-TPS nampaknya menjadi fokus utama bagi para partai pengusung pasangan Khofifah-Emil Dardak. Posisi saksi memang menjadi salah satu ujung tombak dalam pemenangan pasangan calon di Pilkada 2018 pada fase penghitungan suara.

Setelah sebelumnya Partai Nasdem mengatakan akan membentuk Komite Saksi Nasdem(KSN), kini PAN yang juga sebagai partai pengusung pasangan dengan nomor urut 1 itu pun mengaku akan memperkuat pengawalan di TPS melalui saksi.

Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun membeberkan bahwa partainya telah menyiapkan ribuan saksi yang sudah terlatih dan siap akan mengawal suara pasangan Khofifah-Emil Dardak di tiap TPS. "Secara internal kami punya divisi untuk saksi yang itu bukan dibentuk pada saat menjelang pilkada, tapi ini sudah ada divisi yang khusus," katanya.

Ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim tersebut pun meyakini bahwa divisi khusus tersebut mampu menghasilkan para saksi yang memiliki kemampuan. Sekolah khusus termait hal itu pun sudah dimiliki.

"Itu mulai peningkatan SDM, simulasi pemilu dan pembekalan saksi. Sehingga akan muncul saksi-saksi yang siap mental," jelas Agus Maimun lebih lanjut.

"Untuk Pilgub ini kita tinggal nanti bagaimana sinkronisasi tugas dari koalisi partai-partai. Prinsipnya PAN siap untuk mempersembahkan saksi yang memang diminta oleh partai pengusung maupun tim secara keseluruhan," tambahnya.

Para saksi yang terlatih tersebut pun sudah ada di tingkat desa seluruh Kabupaten dan Kota di Jatim. Sekurang-kurangnya, menurut Agus Maimun, ada 5 orang saksi tiap desa. "Nantinya akan ada konsolidasi lagi untuk menambah jumlah saksi, minimal 1 orang per TPS," tegasnya.

"Kemarin yang konsolidasikan saat safari Bang Zul (Katum PAN, Zulkifli Hasan) kan kordinator tiap desa. Berikutnya per TPS akan dikoordinasikan lewat beberapa titik," pungkas pria yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur tersebut.

Sebelumnya, pada roadshow yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Malang dan Lumajang serta Kediri dan juga Bojonegoro hingga Surabaya, kesiapan saksi yang akan menjaga tiap TPS selama Pilgub Jatim berlangsung telah dipastikan. Pria yang akrab disapa Zulhas itu juga menegaskan bahwa kelak paling tidak akan ada dua kader PAN di tiap TPS demi mengawal kemenangan pasangan Khofifah-Emil Dardak. ifw

Berita Populer