Pakde Karwo: Saya Total Dukung Bu Khofifah

SURABAYAPAGI.com, Surabaya- Pernyataan mengejutkan datang dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo terkait di tahun politik 2018 ini. Pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo ini memastikan secara sepenuh hati dukungannya di Pemilihan Gubernur Jawa Timur nanti, tidak kepada wakil Gubernur Saifullah Yusuf yang telah mendampinginya selama dua periode ini.
Pernyataan itu disampaikan Pakde Karwo tatkala menerima kandidat calon gubernur Jawa Timur Khofifah di markas Partai Demokrat Jawa Timur Jl Raya Kertajaya Indah Surabaya, Selasa (30/1). “Saya sepenuhnya total memenangkan Bu Khofifah dan Emil. Saya (sebagai) ketua Partai, dan (secara) pribadi mendukung penuh Khofifah dan Emil,” kata Soekarwo dengan gamblang, di depan Khofifah serta tim pemenangan dan juga sejumlah pengurus DPD PD Jatim yang berkumpul di markas Demokrat itu.
Soekarwo juga berharap, program-program yang sudah dilakukan selama menjabat Gubernur Jatim sejak 2008 diteruskan dan dirapikan oleh Khofifah-Emil jika terpilih nanti. “Saya titip ke ibu Khofifah yang juga sangat paham tentang Jawa Timur dan Saya sangat tahu persis komitmen Bu Khofifah sangat luar biasa,” puji Pakde Karwo.
Dirinya juga ingin kesenjangan sosial di Madura dan beberapa daerah bisa tertangani dengan baik. Mulai dari urusan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan. “Fokus kami di 2018 itu full di Madura, terutama pendidikan ponpes dan SMA vokasional itu menjadi bagian prioritas yang diteruskan. Juga program dual track yang harus dilakukan agar pendapatan per kapita kita yang sudah 5200 USD per orang kalau SDM dan disiplin kehidupan kita tidak bagus, ini bisa ngedrop kembali,” tekannya.
Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mengakui bahwa Komunikasi dengan pimpinan partai baik itu Demokrat, Golkar, PPP, Hanura dan Nasdem akan dibangun semaksimal mungkin. Karena semakin dekat proses penetapan calon dan pengundian nomer urut. “Kita sedang merampungkan jurkam-jurkam dan vote getter yang semuanya bersinergi memenangkan Khofifah-Emil,” terangnya.
Terkait saran dan masukan dari Pakde Karwo, Khofifah mengaku akan merapikan kembali program-program untuk terus dilakukan navigasi program yang dirumuskan dengan nama Nawabakti Satya. “Nawabakti Satya itu artinya Sembilan program yang kita baktikan untuk Jawa Timur supaya mendapat kemuliaan seluruh energi positif kita. Ada 9 area strategis membangun Jawa Timur,” jelas mantan Mensos RI Kabinet KErja Jokowi-JK ini.
Nawabakti Satya, lanjut Khofifah, salah satunya adalah tentang pendidikan vokasional. Pihaknya sudah menghitung angka partisipasi sekolah yaitu 7,23% agar tidak drop out saat SMP. Tapi bisa tetap lulus SMA lalu punya keahlian. “Kebetulan ini juga menjadi komitmen Pak Presiden Jokowi terkait pendidikan vokasional. Secara garis besarnya insya Allah saya paham karena sudah beberapa kali diajak rapat sama presiden,” pungkas Khofifah. rko