•   Selasa, 7 April 2020
Traveling

Orang Tionghoa yang Merantau Sebut Dirinya Tenglang

( words)
Orang Tionghoa sudah turun temurun hidup di Indonesia. Nampak nenek keturunan Tionghoa yang sejak lahir sudah berada di Indonesia.


Kisah Perantau Tiongkok Mendarat di Surabaya (3)

Kenapa orang Tionghoa menyebut dirinya Tenglang? Kenapa orang Tionghoa generasi ini percaya bahwa Tenglang adalah dialek Hokkien kata mandarin Tangren? Karena malas belajar maka ditipu mentah-mentah. Dalam bahasa Hokkien Tenglang artinya orang panjang. Teng artinya panjang. Lang artinya orang. Tulisannya長人 dan ucapan mandarinnya cháng rén.

SURABAYAPAGI.COM,Dalam bahasa Hokkien Tanglang artinya orang Tang. Tang artinya dinasti Tang. Lang artinya orang. Tulisannya 唐人 dan ucapan mandarinnya Tángrén.

Menyatakan Tenglang adalah dialek Hokkien kata mandarin Tángrén adalah penipuan publik. Hanya pencuri kebajikan yang menyusun teori bahwa dalam perjalanan waktu dialek Hokkien Tanglang bercampur dengan dialek mandarin Tangren sehingga menjadi Tenglang.

Tenglang alias orang panjang adalah istilah yang sudah digunakan oleh orang-orang Tionghoa perantauan untuk mengidentifikasi dan menyebut diri mereka sejak purbakala. Sejak jauh sebelum dinasti Tang berkuasa (618-907).

Sejarah dinasti Tiongkok mencatat bahwa orang Tionghoa baru mulai merantau ketika kaisar Qin Shi Huang 秦始皇 (259 SM-210 SM) mengirim armada lautnya untuk mencari obat panjang umur. Sejak itulah para perantau Tiongkok menyebut dirinya Tenglang. Kenapa demikian?

Arti frasa tulisan 長人 bisa diucapkan dengan berbagai dialek misal, “Mandarin - cháng rén, Hokkien – Tenglang, Tiochiu – Tengnang, khe – Thongnyin, Konghu – coengjan) namun artinya tetap saya yaitu: Orang panjang.

Orang Tionghoa pantang mengagul-agulkan leluhurnya alias marganya. Itu sebabnya orang-orang Tionghoa, baik yang tinggal di Tiongkok pada jaman dinasti Tang 唐 (618-907) maupun di perantauan, mustahil mengagul-agulkan dirinya sebagai orang Tang.

Hanya orang marga Tang yang mengagul-agulkan dirinya Tangren. Hanya orang-orang Tionghoa Indonesia tuna susila (tidak punya kesusilaan) yang percaya bahwa tindakan mengagul-agulkan dirinya tángrén 唐人 alias keturunan dinasti Tang alias keturunan marga Tang adalah kebajikan (de 德).

Itulah kenapa orang-orang Tionghoa perantauan menyebut dirinya Tenglang artinya orang panjang.

Berita Populer