Optimalkan Bisnis, Angkasa Pura I Manfaatkan Sektor digital

Suasana lapangan lepas landas. SP/AL

SURABAYAPAGI, Jakarta - Guna mengoptimalkan bisnis, PT Angkasa Pura I (Persero) melalakukan segalah upaya. Berikut laporan koresponden Surabaya Pagi, Jaka Sutrisna di Jakarta.

Berikut upaya-upaya yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Pertama, dengan perusahaan pelat merah ini melaksanakan revenue enchancement melalui optimalisasi bisnis lima anak usaha yang bergerak di bidang logistik, hotel, ritel, IT dan lainnya. 

Kedua, perusahaan juga melaksanakan upaya cost leadership melalui sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk menekan biaya operasional. Tidak hanya itu, Angkasa Pura I juga memanfaatkan sector digital untuk menunjang segala upaya yang dilakukan.

“Angkasa Pura I juga melaksanakan pelatihan menggunakan media digital dan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghemat pengeluaran misalnya terkait penghematan biaya perjalanan dinas, efisiensi penggunaan energi dan lain-lain,” kata Handy Heryudhitiawan, VP Corporate Secretary AP I dalam keterbukaan informasi.

Hal ini dilakukan karena semenjak pandemic, bisnis AP I memang terganggu. Dengan adanya pembatasan operasional yang diperkirakan berlangsung selama 1-3 bulan lamanya, potensi pemasukan perusahaan pun berkurang. 

Belum lagi, ada beberapa rute penerbangan yang ditutup sementara baik domestik maupun internasional sehingga terjadi penurunan lalu lintas penerbangan yang berdampak pada penghentian beberapa operasional bandara.

Kontribusi pendapatan dari kegiatan operasional yang mengalami pembatasan tersebut pada tahun lalu berkisar 51%-75%. Sedangkan sampai 31 Maret 2020 atau 30 April 2020 dampak terhadap pendapatan konsolidasi AP I diperkirakan kurang dari 25% dan penurunan laba bersih berkisar 25% hingga 50%.