New Normal, Pessandra Kembali Kuatkan Jejaring Sambangi Alumni

Pengurus Pessandra Pusat bersama Gus Obby saat berpose bersama para alumni dalam acara silaturrahim. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Tuban - Masa new normal di tengah Pandemi Covid-19 benar-benar dimanfaatkan oleh pengurus Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (Pessandra) Pusat, untuk kembali merajut dan menguatkan jejaring alumni dengan kembali menstart semua kegiatan.

Mengawali kegiatan ini, perwakilan pengurus Pessandra Pusat menyambangi para alumni senior yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Sabtu (4/7/2020).

Silaturrahim para alumni senior ini langsung dikawal putra dari pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) Murrobi-Binnur atau biasa disapa Gus Obby, KH Abd Fattah (Pengasuh PP Idhotun Nasiin), Mbah Sumarno,  Ahmad Nasik  dan Madenor, beserta jajaran pengurus Pessandra Pusat.

Kegiatan silaturrahim ini dipilih seperti disampaikan oleh Sulanam ketua umum Pessandra Pusat, ingin kembali merajut silaturrahim sesama alumni, untuk menguatkan jejaring.

"Kita pilih sambang para alumni dalam rangka kembali menguatkan jejaring, sekaligus minta saran dan pendapat bagaimana menjalankan organisasi ke depan dalam kondisi new normal seperti saat ini," kata Sulanam.

Dijelaskan oleh Sulanam, sambang para senior yang rata-rata sudah mempunyai Pondok Pesantren ini, diawali di wilayah Kabuaten Tuban, dan rencana berikutnya Kabupaten Gresik, Kabupaten Bojonegoro dan terakhir menyambangi para senior di Kabupaten Lamongan.

Di Kabupaten Tuban kata Sulanam, alumni yang disambangi diantarnya ke kiai Ali Noko PP Sunan Drajat 7 di Desa Gemulung Kec Palang, dilanjut ke Kiai Rosidin PP Mina',us Sholihin Desa Tuna Kec Semanding. Selanjutnya ke Kiai Sulaiman Desa Gembong Kec Grabakan, Kiai Zainal dan Kiai Komari Dusun Ngemplak Desa Jetak Kec Montong, ke Kiai Markun Desa Dagangan Sumbetan Kec Motong, dan terakhir ke KH. Agus Said Desa Jojogkan Kec Bagilan Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Gus Obby dalam kesempatan itu mengaku cukup bangga dengan situasi guyup rukun yang ditunjukkan oleh para alumni Sunan Drajat. Tentu dirinya sebagai perwakilan keluarga besar pengasuh PPSD cukup menaruh harapan, agar hal yang demikian silaturrahim ini untuk terus dilakukan agar organisasi ini kedepanya semakin kuat.

"Pessandra baru berumur dua tahun, tapi saya melihat rasa persaudaraan nya cukup kuat, saya terus berdoa semoga organisasi ini kedepannya semakin besar dan kuat, bisa bermanfaat khususnya untuk alumni dan umumnya masyarakat," kata pria anak ragil dari pasangan KH. Abd Ghofur -Almarhumah Nyai Kamilah.

Kegiatan ini juga kata Obby, sebagai langkah kongrit agar para alumni bisa guyup rukun. "Ben tambah raket, opo sing saget kito lampai yo lah di lampahi ojo mung stempel mawon, awak dewe ayo bareng-bareng berjuang. (Agar tambah erat, apa yang bisa dijalankan lah dijalankan, jangan sampai hanya pertanda saja, kita mari sama-sama berjuang ),"pungkasnya.jir