•   Minggu, 26 Januari 2020
Kriminal

Nekat Putar Balik Hindari Razia

( words)
Irwan Aji Pamungkas (18). Foto : SP/FIRMAN


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hanya lantaran tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), seorang pengendara motor nekat memutar balik laju motornya saat melihat ratusan personil dari Polrestabes Surabaya, Dishub, Linmas dan Sat Pol PP Kota Surabaya melakukan razia opensif di jalan Gemblongan Surabaya, Sabu (13/01) malam hingga Minggu (14/01) dini hari.
Pengendara motor tersebut bernama Irwan Aji Pamungkas (18) yang mengendarai sepeda motor Vixion bernopol AE 2539 WG. Saat itu Irwan melaju dengan kecepatan sedang dan asyik mengobrol dengan temannya yang menggunakan motor Honda Vario dari arah jalan Pahlawan.
Sesampainya di jalan Gemblongan, teman Irwan berteriak kalau ada razia, dengan spontan, teman Irwan tersebut berteriak agar Irwan memutar balik laju kendaraannya.
"Razia-razia, muter o cepetan," teriak teman Irwan.
Tapi nahas, dari arah belakang, muncul sebuah mobil Xenia putih bernopol W 731 RZ yang dikemudikan Aldiyansah Colondam (28) warga Manukan Sari VIII 3C/14 Surabaya. Mobil tersebut melaju dengan kecepatan cukup tinggi dan kemudian menyambar Irwan yang terlanjur memutar balik.
Tabrakan pun tak terhindarkan, seketika motor yang dikendarai Irwan melesat sekitar 20 meter, sedangkan bagian depan mobil sebelah kiri mengalami kerusakan yang cukup parah.
Meski bertabrakan keras, beruntung Irwan hanya luka lecet, meski sempat tak bisa berjalan selama beberapa menit.
Kapolsek Bubutan, Kompol Dies Ferraningtyas menegaskan, razia opensif kewilayahan ini dilakukan untuk mengantisipasi pelaku kejahatan berkeliaran saat malam hari. Sasarannya adalah senjata tajam, bahan peledak, narkoba dan curanmor.
"Razia ini kami gelar sesuai dengan perintah pimpinan di setiap wilayah polsek. Kami pilih titik ini (Gemblongan) karena cukup banyak mobilitas pengendara yang melewati jalan ini dari arah yang kami curigai sering dilintasi pelaku kejahatan," ujarnya.
Meski demikian, giat yang dilakukan selama hampir dua jam itu tidak ditemukan sasaran yang dimaksud.
"Kami hanya menindak pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat-surat. Sebanyak 71 tilang dan 5 diantaranya kami sita motornya untuk dilengkapi surat-suratnya," imbuhnya.
Menanggapi kecelakaan yang terjadi akibat pengendara yang nekat berbalik arah, Dies Ferra menghimbau agar para pengendara lebih berhati-hati dan mengutamakan keselamatannya sendiri.
"Jangan pernah takut kalau memang tidak salah. Kalau persoalannya hanya tidak membawa SIM, ya risiko dan ditilang. Tidak seberapa dibanding dengan nyawa kita kalau misalnya putar balik dan justru membuat kita celaka. Sekali lagi, masyarakat tidak perlu takut dengan razia kalau hanya tidak membawa kelengkapan surat-surat," tutupnya. fir

Berita Populer