Musim Kemarau Panjang, Stok Beras 2,3 Juta Ton

SURABAYAPAGI.com – Musim kemarau panjang tahun ini meningkatkan resiko gagal panen. Menanggapi permasalahan yang akan dihadap perihal ketahanan pangan, Perum Bulog mengklaim bahwa sampai dengan hari ini stok beras masih ada sebanyak 2,3 juta ton ditengah puncak kemarau bulan agustus 2019

Direktur Komersial Perum Bulog Mansur mengatakan, stok ini aman dengan tambahan penyerapan yang masih dilakukan hingga saat ini. Setiap harinya Bulog masih menyerap beras dari petani hingga 4 ribu ton, pada periode musim panen gaduh atau bukan panen raya.

"Bulog kan sudah sediakan stok saja. Stok kita sampai hari ini sudah 2,3 juta ton," ujarnya di lansir dari kontan, Selasa (6/8).

Menurutnya, penyerapan memang tidak sebanyak musim panen tapi diyakini masih mencukupi kebutuhan Bulog. Dari awal tahun hingga saat ini beras yang sudah diserap Bulog mencapai 1,2 juta ton dan sudah didistribusikan juga beberapa.

"1,2 juta ton (penyerapan) dari awal 2019 sampai sekarang," jelasnya.

Sementara itu, pada Agustus akan ada puncak panen raya sehingga penyerapan akan lebih banyak. Dengan demikian maka tambahan stok untuk gudang Perum Bulog juga akan semakin berlimpah.

"Iya. Bisa saja naik atau barangkali sama seperti tahun lalu 8.000 ton sampai 10.000 ton," katanya.