Menpora Hadiri Silaturahmi dengan Kader HMI Jatim

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pada hari Sabtu (28/12) lalu, Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), menyampaikan program-program kepemudaan dan olahraga untuk tahun 2020-2024 saat bersilaturahmi dengan para aktivis dan alumni Himpunan Mahasisa Islam (HMI) yang tergabung dalam Korps Alumni HMI (KAHMI) Jawa Timur dan keluarga besar HMI di Graha KAHMI Jalan Gayungsari Barata Surabaya.

Dirinya mengatakan bahwa program yang telah disampaikan nantinya akan menjadi prioritas untuk pembangunan SDM generasi muda di Indonesia. Menurutnya program di bidang kepemudaan adalah mendorong pemuda untuk menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan lebih kosentrasi kepada kewirausahaan dan penguatan ideologi serta budaya bangsa.

Sedangkan untuk bidang olahraga yakni pembinaan usia dini dan pembinaan prestasi olahraga. "Kehadiran saya di sini bersama dengan KAHMI dan HMI ingin menyampaikan prioritas program Kemenpora, termasuk apa yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden (Joko Widodo) tentang pembangunan sumber daya manusia," jelasnya.

Zainuddin Amali berharap Kemenpora bisa bersinergi dengan KAHMI dan HMI utamanya dalam mengambil peran pembangunan SDM yang unggul dan pembinaan prestasi olahraga. "Kita berharap masukan tentunya dari KAHMI dan HMI agar sistem olahraga menjadi lebih baik supaya bisa menjadi positif buat bangsa dan negara dan bukan menjadi beban," katanya.

Zainuddin Amali menjelaskan bahwa saat ini Kemenpora sedang menyiapkan berbagai program agar bisa bersinergi dengan organisasi kepemudaan. "Saya kira fokus kita saat ini bisa bersinergi agar semuanya (program) jelas bisa terukur, output jelas, outcome jelas, dan hasilnya untuk masyarakat harus ada sehingga bisa ikut memonitor, mengevaluasi dan memberikan penilaian kepada program Kemenpora," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Zainuddin Amali yang juga alumni HMI mengajak kader himpunan untuk terlibat dalam lima fokus utama program kerja Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Yakni melanjutkan pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, reformasi birokrasi, reformasi regulasi, dan reformasi ekonomi. "Di lima sektor itu, HMI harus bisa berperan, khususnya di pengembangan sumber daya manusia," katanya.

Menurutnya, Jokowi akan sangat senang apabila banyak pemuda-pemuda dari organisasi kepemudaan seperti HMI, GMNI, PMII, PMKRI, GMKI, dan lainnya bisa bekerjasama dengan Kemenpora untuk memajukan minat dan bakat pemuda Indonesia.

"Ini mumpung menterinya HMI, ayo bergerak. Presiden sangat senang kalau ada pemuda yang mau bergerak untuk bangsa, berkarya untuk bangsa. Kemenpora akan fasilitasi," katanya. Ia pun berharap HMI bisa aktif menyumbangkan kader-kader terbaiknya untuk membawa kemajuan Indonesia, sesuai dengan visi-misi Presiden Joko Widodo.