•   Selasa, 7 April 2020
Internasional

Menlu AS Mike Pompeo akan Kunjungi Indonesia

( words)
Menlu AS, Mike Pompeo


SURABAYAPAGI.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo akan melakukan kunjungan kerja ke Kuala Lumpur, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Pompeo akan berada di Jakarta pada tanggal 4 hingga 5 Agustus 2018. Kunjungannya ke Indonesia, dalam rangka memperkuat Kemitraan Strategis AS-Indonesia dalam konteks merayakan 70 tahun hubungan diplomatik bilateral pada 2019 mendatang.
Dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri AS disebutkan bahwa Menlu Pompeo akan membahas tujuan keamanan bersama, peningkatan hubungan perdagangan dan investasi. Juga, ingin menegaskan sentralitas ASEAN.
"Menlu AS juga akan menyoroti kepemimpinan Indonesia dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Juru Bicara Kemlu AS, Heather Nauert dilansir dari laman resmi Kemlu AS state.gov.
Sebelum berkunjung ke Indonesia, Pompeo rencananya akan menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN atau AMM yang akan digelar di Singapura pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2018 nanti.
Dalam kesempatan tersebut, Pompeo akan menegaskan dukungan Amerika Serikat tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Menlu juga akan membahas komitmen bersama terkait denuklirisasi Korea Utara secara penuh, menegakkan aturan di Laut China Selatan dan melawan terorisme," ungkap Nauert.

Berita Populer