Menlu : Evakuasi WNI yang tinggal di Wuhan akan Sulit Dilakukan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jan 2020 10:55 WIB

Menlu : Evakuasi WNI yang tinggal di Wuhan akan Sulit Dilakukan

SURABAYAPAGI.COM, - Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri menyatakan langkah evakuasi WNI dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, tidak mudah dilakukan karena kota itu masih diisolasi. Pemerintah setempat memberlakukan status karantina karena wilayah itu menjadi sumber penyebaran wabah virus corona. Selain pembicaraan dengan pemerintah China, Kemlu juga telah melakukan rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan di dalam negeri, seperti Kemenkopolhukam, TNI, dan Kemenkes, untuk mulai memetakan langkah-langkah jika opsi evakuasi diambil.
Selama sepekan terakhir, pemerintah China telah mengisolasi Kota Wuhan dan menyiagakan 15 titik karantina di Provinsi Hubei, sebagai respons dari wabah virus corona tipe baru yang telah menewaskan 132 orang dan menjangkiti ribuan lainnya.

Opsi evakuasi menjadi langkah yang dinilai perlu dilakukan oleh pemerintah mengingat pasokan makanan dan kebutuhan sehari-hari di Kota Wuhan semakin menipis. Sejumlah WNI di kota tersebut telah meminta dipulangkan ke Tanah Air.
Berdasarkan data Kemlu, saat ini terdapat 100 WNI di Wuhan. Mereka terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sementara di Provinsi Hubei, secara keseluruhan ada 243 WNI.
Retno menjelaskan bahwa berbagai langkah terus dirancang dan dimatangkan untuk melindungi para WNI. Dia memastikan bahwa seluruh WNI yang berada di Wuhan dalam kondisi sehat, meskipun pergerakan mereka sangat terbatas.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU