•   Selasa, 18 Februari 2020
Internasional

Menko Maritim Sebut Ekonomi Indonesia Ingin Sebaik China

( words)
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan berbicara di forum LBP Talk di Sleman, Minggu (24/2).


SURABAYAPAGI.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jika perekonomian Indonesia ingin sebaik China, maka Indonesia harus mengambil jalan demokrasi sedikit ke tengah.
“Kita lihat, perekonomian China berkembang dengan baik dan menjadi (kekuatan) ekonomi kedua terbesar di dunia. Ini sudah dipersiapkan sejak 30 tahun lalu dan mulai mendapatkan hasil 10 tahun terakhir,” kata Luhut usai menghadiri acara ‘LBP Talk’ di Sleman, Minggu (24/2).
Bagi Luhut, pencapaian China sebenarnya tidak mengherankan karena masyarakat dan pemerintah China kompak. Tidak ada politisi yang menentang arah pembangunan. “Ini menjadi penting karena itulah kekuatan pembangunan China. Indonesia belum bisa,” jelasnya.
Sebab, Luhut melanjutkan, masyarakat dan pemerintah Indonesia bergerak lambat dan tidak fokus. Apalagi ada akrobat politik ala demokrasi Barat yang tertalu kanan.
Karena itulah, Luhut berpendapat sebaiknya Indonesia mulai membawa sistem demokrasi sedikit ke tengah, yaitu demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan tidak dipengaruhi pihak lain. Sebab, kata dia, selama ini demokrasi Indonesia terlalu ke kanan ala Eropa.
“Salah satunya seperti yang dilakukan Presiden Jokowi sekarang yang memeratakan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan ekonomi seluruh rakyat,” ujarnya.

Berita Populer