Menjelang Pilkada, Polri Amankan KPU Hingga TPS

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. SP/ Aril

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kurang beberapa hari lagi pelaksanaan pilkada akan dilakukan secara serentak di seluruh Jawa Timur. Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta berharap agar seluruh anggota kepolisian bisa menciptakan pilkada yang aman dan damai.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Nico saat melakukan pertemuan dengan Kapolrestabes Surabaya dan Kapolres Tanjung Perak, serta seluruh Kapolsek Jajaran, Kamis (27/11/2020) malam.

Dalam pelaksanaan pilkada, pihaknya telah melakukan pemetaan wilayah di seluruh jawa timur. Mulai dari tingkat kerawanan terjadinya konflik maupun kerawanan lain saat pelaksanaan pilkada berlangsung.

"Terkait Pilkada, saya sudah berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Provinsi maupun KPU dan Bawaslu. Agar semua yang terlibat di Pilkada ini dan tetap patuhi prokes," ujarnya.

Selain itu terkait dengan kedatangan surat suara, Polri akan melakukan pengaman secara ketat saat berada di KPU hingga pendistribusian mulai dari kantor KPU hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap masing-masing Kabupaten/ Kota di Jatim.

Selain pengamanan personel gabungan, nantinya juga akan disiapkan dukungan sarana pra sarana (Sarpras) seperti, Ambulance, Tenaga Medis, Tenda Lapangan, serta Alat Pelindung Diri (APD).

Dalam pertemuan itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengingatkan agar dalam pelaksanaannya, seluruh yang terlibat dalam Pilkada tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Mengingat Pilkada tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana saat pilkada tahun ini bersamaan dengan Pandemi Covid-19.

Selain bicara soal Pilkada serentak 2020, Kapolda Jatim juga bicara soal Covid-19 dan pengamanan Natal 2020 dan tahun Baru 2021. arl