Menjelang Masa Kampanye, Bawaslu Tuban Tertibkan APK

Penertiban APK oleh Bawalu dan Satpol PP Tuban.

SURABAYAPAGI, Tuban- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban bersama Satuan Polisi Pamongpraja serta tim dari setiap Pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati melakukan penertiban terhadap Alat peraga kampanye (APK).

Jum'at, (26/9/2020) malam. Penertiban tersebut, dilakukan serentak se- Kabupaten Tuban dengan menyasar berbagai jenis APK segala ukuran. Kordinator Divisi penindakan Bawaslu Tuban, Ulil Abror mengatakan jika penertiban terhadap APK kali ini merupakan tindak lanjut dari PKPU Nomor 11 tahun 2020 yang mengatur mengenai ketentuan APK. Baik itu jenis, bahan, ukuran maupun jadwal pemasangan APK.

"Penertiban ini sebagai tindak lanjut terhadap PKPU nomor 11 Tahun 2020," terangnya. Mengenai APK sendiri, terang Ulil, haruslah sesuai dengan yang telah diajukan oleh masing- masing calon kepada KPUK Tuban. Baik itu menyangkut gambar, design, konten maupun jumlah APK. Sebab sesuai dengan PKPU, pencetakan dan pemasangan APK untuk Pilkada difasilitasi oleh KPU.

Disamping itu, menyelaraskan dengan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, APK pun harus ditempatkan sesuai dengan titik pemasangan. Sehingga, kata Ulil, jika ditemukan APK tidak sesuai dengan ketentuan, Bawaslu Tuban bisa memberikan rekomendasi untuk melakukan penertiban.

"APK memang haruslah sesuai ketentuan. Yakni APK yang baik design maupun kontenya sudah diajukan ke KPUK Tuban dan telah ditetapkan," timpal Ulil. Selain APK yang difasilitasi oleh KPU, lanjut Ulil, setiap Paslon juga diperbolehkan untuk mencetak APK nya sendiri.

Akan tetapi, pembuatan APK tersebut, harus harus disamakan dengan design maupun konten APK yang sebelumnya sudah diajukan dan disepakati bersama. Sedangkan mengenai jumlahnya, wajib mengikuti aturan yakni sebanyak 150% dari jumlah APK yang telah ditetapkan didalam PKPU Nomor 11 Tahun 2020. Her