Mengenal Spoonerisme ’Keseleo Lidah’ Seperti Isyana Sarasvati

SURABAYAPAGI.com - Buat kamu yang masih aktif di Twitter, pasti tau sebuah tweet viral berisi kompilasi video Isyana Sarasvati yang salah ngomong. Contohnya saat harusnya ngomong “Bener dong,” Isyana malah ngucap “Beneng dor.”
Tweet yang di-post oleh akun @lippustick tersebut meraih 19 ribu retweets saat artikel ini di-publish. Kumpulan video tersebut ia dapatkan dari channel YouTube Lynchibility.
Kenapa Isyana bisa salah ngomong gitu? Diduga kuat, Isyana mengidap Spoonerisme.
Dikutip dari Wikipedia, Spoonerisme (spoonerism) adalah kesalahan bicara yang berkaitan dengan transposisi fonetik dalam hal mana huruf mati, huruf hidup atau morfem terbolak-balik tempatnya.
Istilah spoonerism diambil dari nama William Archibald Spooner (1844-1930), penjaga New College, Oxford, Inggris, yang sering bicara terbolak-balik seperti itu. Spoonerims juga dikenal sebagai marrowsky, seperti nama seorang Polandia yang juga mengidap kebiasaan serupa.
Spoonerisme mulanya adalah bagian dari selip lidah (slip of the tongue) yang timbul karena lidah penutur ‘keseleo’ yang biasanya dipicu oleh kegugupan, terlalu cepat berbicara atau kurang konsentrasi.
“Apakah bicara terbolak-balik itu hanya terjadi dalam bahasa Indonesia? Tentu saja tidak. Ini melanda semua bahasa, termasuk bahasa Inggris. Kalimat ‘go and take shower’ (pergi mandi sana), bisa keliru dengan ‘go and shake a tower’ (sana goyang menaranya),“ kata Eddy Roesdiono, ahli bahasa, yang SPOnline kutip dari Kompasiana.
Spoonerisme terjadi pada kata, frasa atau kalimat. Hasil keseleo lidah itu kadang menampilkan susunan kata yang masih bisa dipahami artinya (walau jadi lucu) seperti dalam kasus Isyana.
Namun, bisa juga jadi kacau macam ini: Come and wook out of the window yang harusnya ‘come and look out of the window’ (sini dan lihatlah ke luar jendela).
Dalam perkembangannya, lama-kelamaan spoonerism juga bertumbuh jadi permainan kata yang ditujukan untuk menciptakan humor.
Pada titik ini, spoonerisme bisa kurang lebih sama dengan ‘plesetan’ dalam kultur bahasa Indonesia yang bernada humor dan beroma kritik.
Nggak jarang produk-produk spoonerism mencapai popularitas nasional. Produk Spoonerisme pelawak Asmuni Srimulat, yakni ‘hil-hil yang mustahal’ untuk ‘hal-hal yang mustahil’ sangat terkenal.
Apakah kamu ada yang mengidap spoonerisme juga?