Mengenal Apa Itu Anorexia Nervosa

SURABAYAPAGI.COM,-Anoreksia nervosa, atau biasa disebut anoreksia, adalah gangguan makan yang ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bila berat badan bertambah, dan gangguan persepsi pada bentuk tubuh. Penderita anoreksia terobsesi untuk memiliki tubuh kurus, dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal menurut mereka.

Seseorang yang menderita AN disebut sebagaianoreksik atau (lebih tidak umum)anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadianorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan.

AN bisa menuntun pada pemberhentian kerja organ-organ tubuh dan kematian.

Anorektik dapat juga menunjuk ke obat penahan nafsu.
Anoreksia nervosa lebih umum menyerang wanita dibanding pria. Sering kali kondisi ini mulai timbul saat masa praremaja, selama masa remaja, maupun masa awal dewasa. Pola makan menyimpang ini dapat menyebabkan rendahnya berat badan yang sangat ekstrem dan dapat mengancam kehidupan apabila tidak ditangani dengan segera. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Gejala dan ciri anoreksi nervosa yang umum terjadi:
Ketakutan yang teramat sangat terhadap penambahan berat badan atau menjadi gemuk, bahkan saat sudah kurus Memuntahkan makanan secara disengaja Meminum obat-obatan yang menstimulasi buang air kecil dan buang air besar Mengonsumsi berbagai jenis obat diet Tidak makan atau makan dengan jumlah yang sangat sedikit Banyak berolahraga bahkan saat cuaca buruk atau sakit dan lelah (olahraga berlebihan) Menimbang-nimbang ukuran makanan dan menghitung kalori makanan Anorexia juga dapat menyebabkan efek psikologis yang membuat seseorang tidak berperilaku sebagaimana biasanya. Mereka dapat berbicara banyak mengenai berat badan dan makanan, tidak makan di depan orang banyak, menjadimoody dan sedih, atau bahkan tidak mau bersosialisasi bersama teman-teman. Penderita anoreksia juga dapat mengalami gangguan fisik dan psikologis, seperti:

Depresi Tidak menstruasi (amenore) DehidrasiOsteoporosis Rambut yang tipis dan mudah rontok Irama jantung yang tak beraturan

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, harap konsultasikan kepada dokter Anda.