•   Selasa, 31 Maret 2020
Sport Arena

Menekuni Seni Bela Diri sejak Dini

( words)
Alexander Tjandra Kusuma.


SURABAYAPAGI, Surabaya – Belajar seni bela diri sejak kecil usia 13 tahun, membuat Alexander Tjandra Kusuma kini menekuni hampir semua seni bela diri yang ia pelajari sejak sekolah dasar. Bermula dari ajakan sang papa, Alex kemudian rajin berlatih. Bahkan dalam waktu seminggu ia sudah membagi jadwal untuk latihan seni bela diri, mulai dari wushu, karate, whingcun, hingga tinju.

Alex yang kini sedang menempuh pendidikan di SMA Darma Mulya mengaku beristirahat sejenak dari latihan bela diri untuk fokus menuju ujian nasional. Ia juga berbagi kepada Tim SurabayaPagi tentang seni bela diri yang ia geluti.

“Kalau untuk awalnya, saya diajak papa untuk latihan, tapi memang mama dan papa sudah menggeluti seni bela diri sejak lama. Mama adalah atlet wushu, sedangkan papa adalah atlet taekwondo, namun saya lebih mempelajari semuanya hingga saya merasa nyaman dan suka dengan olah raga tinju,” jelas Alex.

Pada tahun 2019 ia terpilih untuk mewakili Kota Surabaya dalam ajang Pekan Olah Raga Provinsi di Tuban dan menghabiskan waktu latihan sekitar 3 sampai 4 bulan. Bagi Alex, tinju merupakan olah raga paling berat karena sasaran dalam serangan adalah kepala. Ia juga sempat pusing ketika lawan menghantam bagian kepalanya.

Alex kemudian berbagi kisah tentang pengalamannya berlatih tinju sebelum ia menuju Pekan Olah Raga Provinsi tersebut.

“Saya sebelumnya harus menurunkan berat badan terlebih dahulu, kemudian lari pagi memutari lapangan thor, istirahat, sore nya saya latihan tinju dengan pelatih, malam sebelum tidur saya juga harus latihan lagi. Belum lagi banyak makanan yang tidak boleh saya makan agar berat badan saya tidak bertambah. Tinju itu olah raga yang menyakitkan bagi saya, mulai dari muntah-muntah, seluruh badan keram, hingga saya drop sebelum menuju kompetisi. Puji Tuhan ketika kompetisi selesai saya langsung memuaskan diri dengan makan apapun yang saya inginkan dan membawa pulang juara” ujar Alex.

Hingga saat ini, Alex telah menjuarai banyak kompetisi pada bidang olah raga dan seni bela diri. Sudah banyak mendali yang ia bawa pulang dari hasil kerja kerasnya dalam berlatih. Alex berharap bila ia bisa menjadi atlet yang selalu mengharumkan nama baik Kota Surabaya.

Berita Populer