•   Rabu, 26 Februari 2020
Madiun

Mendaftar Ganda, Bacaleg di Kota Madiun Terdeteksi KPU

( words)
Komisi Pemilihan Umum (KPU)


SURABAYAPAGI.com, Madiun - KPU Kota Madiun mendeteksi satu bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar ganda melalui partai politik yang berbeda untuk menjadi peserta pada Pemilu Legislaatif (Pileg) tahun 2019.

Komisioner KPU Kota Madiun Latutik Mukhlisin, Senin mengatakan, bacaleg ganda tersebut terdeteksi melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (silon). Selain melalui partai politik yang berbeda, bacaleg yang dimaksud juga lintas daerah pemilihan (dapil).

"Bacaleg ganda ini terdeteksi berkat sistem informasi pencalonan atau silon. Jadi yang bersangkutan ini majunya lintas dapil dan juga lintas partai," ujar Latutik kepada wartawan.

Menurut dia, bacaleg yang terdeteksi ganda tersebut atas nama Enrico Jonathan Hartono (22) warga Jalan Setia Budi, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Enrico didaftarkan Partai Golkar sebagai bacaleg tingkat DPRD Kota Madiun pada Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Madiun 2. Namun dia juga terdaftar sebagai bacaleg PKPI untuk DPR RI pada Dapil Jawa Timur I.

Menindaklanjuti hal itu, KPU Kota Madiun telah mengirim surat ke parpol sebagai upaya klarifikasi. Dengan berbagai pertimbangan, Enrico memilih mencalonkan diri sebagai bacaleg untuk memperebutkan kursi di DPRD Kota Madiun.

"Kita sudah melakukan klarifikasi dan yang bersangkutan menyatakan maju sebagai bacaleg Golkar untuk DPRD Kota Madiun," kata dia.

Pihaknya menambahkan, parpol yang memberangkatkan Enrico juga diminta mengirim surat ke KPU Kota Madiun dengan dilampiri surat pengunduran diri yang bersangkutan, ditujukan kepada PKPI pusat.

Selain itu, bacaleg bersangkutan juga diminta melampirkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa memilih untuk maju sebagai bacaleg DPRD Kota Madiun.

Dengan pernyataan pengunduran diri tersebut, diharapkan yang bersangkutan akan dicoret dari daftar bacaleg PKPI untuk DPR RI pada Dapil Jawa Timur I.

Berita Populer