•   Sabtu, 4 April 2020
Kriminal

Memperingati Hari HAM Sedunia, Mahasiswa di Tangkap Polisi

( words)
Lokasi Memperingati Hari HAM Sedunia


SURABAYAPAGI.com, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan alasan penangkapan belasan mahasiswa yang melakukan aksi saat memperingati hari hak asasi manusia (HAM) sedunia pada Selasa, 10 Desember 2019. Penangkapan terjadi di sekitar kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Mereka ditangkap oleh jajaran Polres Metro Jakarta Pusat dikarenakan melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Selain itu, mereka juga diduga melanggar aturan yang mengganggu aktivitas masyarakat pada saat membubarkan diri usai aksi.

“Jadi, 14 mahasiswa ini selesai demo dari Istana Merdeka, kembalinya itu mengganggu ketertiban dengan menutup jalan. Kebetulan juga pembatas jalan yang sepeda motor itu dilempar ke tengah-tengah jalan raya,” ujar Yusri saat dikonfirmasi (11/12).

Sedikitnya terdapat 14 orang ditangkap dan diinterogasi di kantor Polres Jakarta Pusat. Dan semuanya berstatus sebagai mahasiswa dari berbagai universitas.

Yusri menambahkan, para mahasiswa itu juga mencoret-coret tembok di sekitar Gedung Sarinah.

"Ada petugas di sana dan diamankan, mereka dibawa dan didata petugas Polres," jelas Yusri.

Sebelumnya, mahasiswa dari berbagai universitas menggelar aksi peringatan hari HAM internasional di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 10 Desember 2019. Selain mahasiswa, turut hadir pula buruh dan elemen masyarakat dalam aksi tersebut.

Berita Populer