Masih Penataan, Pembagian Seragam Gratis MI di Jombang Belum Jelas

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Hasil laboratorium kain seragam gratis untuk siswa baru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Jombang, Jawa Timur telah keluar.

Hingga sampai saat ini, Kamis (24/10), masih berlangsung proses penataan dan pemilahan kain hijau putih di gedung Tenis Indoor Jombang. Belum jelas kapan kain seragam nasional untuk MI akan dibagikan.

**foto**

Sejumlah pekerja masih terpantau sibuk di ujung timur. Dua pria dan dua wanita terlihat duduk melingkar di meja sebelah utara, sementara tiga orang lain sibuk di tumpukan kain.

Dua perempuan nampak bertugas melakukan pencatatan kain, sementara satu pria di belakang meja mengukur kain putih untuk dipotongi, dibantu satu pekerja lain. Sementara satu pria lain bertugas mengawasi pekerja.

“Hari ini masih tetap ditata, karena kemarin belum selesai semuanya, jadi dilanjutkan hari ini,” terang mandor pekerja, Hariyadi, Kamis (24/10/2019).

Hariyadi menelaskan, fokus yang dilakukannya adalah pemecahan kain tiap lembaga. Juga mulai dilakukannya pembagian kain seragam putih. “Yang hijau selesai kemarin, sekarang masuk yang putih ini. Selain itu dibagi per sekolah,” jelasnya.

Ketika ditanya sampai kapan pekerjaan ini ditarget selesai, Hariyadi mengaku tidak tahu pasti. Termasuk rencana pembagian seragam. "Yang penting kita kerjakan mas, sak mari-marine (setuntas-tuntasnya, red),” akunya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Agus Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang menegaskan, bahwa dilakukan penataan ini untuk proses lanjutan usai kain seragam MI dinyatakan lengkap.

“Yang jelas waktunya nanti menyusul, kalau penataan selesai ya segera kita bagikan kainnya. Kita bagikan masing-masing, tidak bareng memang,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa, hingga 24 Oktober 2019, total denda berjalan yang harus dibayar rekanan mencapai 237 juta lebih.(suf)