Mas Abu-Ning Lik Lanjutkan Pimpin Kota Kediri

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Pasangan calon Walikota Kediri dan Wakil Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar - Lilik Muhibah bakal melanjutkan pimpin Kota Kediri. Hal itu berdasarkan hasil penghitungan cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri jika suara pasangan Mas Abu-Ning Lik melesat jauh dari dua lawannya.
Dari total 485 TPS di Kota Kediri, 449 TPS telah memberikan input perhitungan kepada KPU Kota Kediri. Dari grafik yang dimiliki KPU Kota Kediri menunjukkan, bahwa pasangan calon nomor 2, yakni Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibah unggul. Pasangan yang akrab disapa Mas Abu- Ning Lik tersebut diusung oleh lima parpol, yakni PAN, Nasdem, Demokrat dan PKS, menang telak dengan perolehan angka suara sementara sekitar 58 persen lebih.
Disusul pasangan nomor urut 3, Samsul Azhar yang berpasangan dengan Teguh Juniadi yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Hanura, mendapatkan suara sekitar 23 persen. Selanjutnya pasangan no urut 1, Aizzudin Abdurrahman dan Sudjono Teguh Widjaya, yang diusung oleh, PKB, Golkar, Gerindra dan PPP mendapatkan suara sekitar 21 persen.
Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data Anis Ifa Permatasari menjelaskan, bahwa hasil tersebut adalah hasil dari penghitungan cepat yang dilakukan petugas KPU. Namun, data tersebut bukanlah data resmi untuk penetapan paslon.
"Untuk hasil resmi kita akan tetap menghitung ulang mulai besok dengan beberapa mekanisme rekapitilasi berjenjang dan akan dilaksanakan oleh PPK di semua Kecamatan. Dan tanggal 4 – 6 Juli dihitung lagi di KPU," jelasnya, Kamis (28/6/2018).
Anis menambahkan, KPU Kota Kediri menghitung dari hasil formulir jenis C yang menunjukan hasil dari tiap-tiap TPS yang ada di setiap kelurahan.
"Untuk hasil kali ini, Insyaallah tidak akan berbeda banyak dengan keputusan akhir nanti. Namun, hal ini akan berbeda jika nanti di tingkat Kecamatan ada yang keberatan," pungkasnya.can