Marak WNI Operasi Plastik ke Korsel

SURABAYAPAGI.com - Korea Selatan tentu bukan lagi destinasi yang asing bagi mereka yang ingin berwisata, bukan hanya wisata kota, tapi juga medis dan kecantikan. Negeri ginseng ini terkenal dengan perawatan kecantikannya yang menjadi daya tarik bagi warga di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Di antara berbagai kota, Daegu merupakan salah satu destinasi wisata medis paling banyak dikunjungi. Bahkan, menurut Chairman Daegu Medical Tourism Promotion Institute, Cha Soon-do, kunjungan wisatawan medis ke kota Daegu juga mengalami peningkatan, khususnya bagi wisatawan dari Indonesia.

"Secara umum jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia memang mengalami peningkatan. Karena itu, Indonesia menjadi pasar yang sangat penting bagi Korea," kata Cha saat Seminar Medi.City Daegu: Tujuan Wisata Medis di Korea, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu 28 November 2018.
Ia mengungkapkan bahwa secara umum kenaikan kunjungan wisatawan medis per tahun mulai dari 2009 hingga 2017 mengalami peningkatan 29 persen atau dari 2.816 menjadi 21.867. Operasi plastik sendiri masih menjadi perawatan yang populer dan paling dicari oleh para wisatawan.
"Hal yang membedakan Daegu dengan kota-kota lain, karena wisata medis di sini itu semua terintegrasi sehingga memudahkan wisatawan. Selain itu, akses ke kota Daegu pun sangat nyaman, karena dapat dijangkau melalui bandara internasional Daegu dan bandara internasional Gimhae," ujar Cha.
Oleh sebab itu, pengembangan wisata medis juga terus dilakukan di kota Daegu. Saat ini, Daegu tengah mengembangakan kompleks medis, di antaranya adalah Medivalley dan Suseong Medical District. Kompleks medis tersebut akan menjadi pusat bagi berbagai rumah sakit, klinik, hotel, dan fasilitas penunjang lainnya.
Pada acara seminar kali ini, perwakilan tujuh rumah sakit dan klinik ternama yang ahli dalam bidangnya turut hadir, beberapa di antaranya dari Daegu Fatima Hospital, Women Medipark HOSpital, Duk Young Dental Hospital, Dae Kyung Imaging Center, Leaders Plastic Surgery, Dominique, dan Oasis Korea. Dengan diselenggarakannya acara ini, kota Daegu dan Korea Tourism Organization Jakarta berharap akan semakin banyak masyarakat Indonesia berkunjung ke Korea untuk berwisata medis.