Mantan Murid Dokter Azhari Ditangkap Densus 88

Penangkapan teroris oleh Densus 88 beberapa waktu yang lalu.

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan satu orang terduga teroris Jaringan Poso, di Desa Sribawono, Kecamatan Way Seputih, Kabupaten Lampung Tengah.

Terduga teroris yakni bernama Taufiq Bulaga alias Upik Lawanga, pentolan jaringan Poso. Ia diketahui merupakan mantan anak didik Dokter Azhari dalam merakit bom.

Penangkapan Upik dilakukan dalam operasi yang digelar pada 23 dan 25 November 2020 lalu.

"Saya bisa memastikan, iya jadi tanggal 23 dan 25 memang Densus 88 Antiteror telah melakukan penindakan terhadap tersangka TB alias Upik Lawanga," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/11).

Selain Upik, Awi menjelaskan bahwa tim Densus 88 juga menangkap sejumlah tersangka terorisme yang selama ini buron. Mereka berasal dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Namun demikian, Awi masih enggan merinci keterangan lebih lanjut mengenai jumlah buronan yang diringkus polisi. Ia beralasan masih menunggu data resmi dari tim Densus 88.

"Saya belum bisa sampaikan kepada teman-teman," ucap dia.

Sebagai informasi, Upik Lawanga diduga sebagai salah satu orang yang merakit bom di Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz-Carlton pada 2009 silam. Dia juga menjadi buron dalam kasus bom di Solo dan Cirebon.