Mantan Bupati Gresik KH Robbach Ma'sum Wafat

KH Robbach Ma'sum. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Masyarakat Gresik kehilangan lagi seorang tokoh panutan, kiai sekaligus mantan Bupati Gresik dua periode. Yakni, Dr KH Robbach Ma'sum. Beliau wafat pada usia 73 tahun dan meninggalkan seorang istri, Hj Aminatun Robbach Ma'sum.

Menurut kabar pihak keluarga, almarhum menghembuskan nafas terakhir pada Selasa pagi (22/9/2020) sekitar pukul 05.00 wib di rumah kediaman Jl Kalimantan, Gresik Kota Baru (GKB), Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar.

Semasa hidup, sebelum terjun ke dunia politik dan pemerintahan almarhum dikenal masyarakat sebagai seorang kiai pemangku Pondok Pesantren Ihyaul 'Ulum, Kecamatan Dukun, Gresik.

Paska reformasi almarhum mulai terjun ke pentas politik dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Gresik pada pilkada langsung tahun 2000. Beliau diusung oleh PKB.

KH Robbach Ma'sum terpilih menjadi Bupati Gresik selama dua periode, 2000-2005 dan 2005-2010. Sebelum mengemban jabatan bupati, beliau melepaskan jabatan Ketua DPRD Gresik.

Sejak pagi rumah duka di perumahan GKB sudah didatangi pelayat termasuk para mantan pejabat dan pejabat yang betdinaa di Pemkab Gresik.

Juga nampak melayat Gus Yani, mantan ketua DPRD Gresik yang kini maju running pilbup 9 Desember mendatang. Bersama pelayat dia larut dalam lantunan doa dan zikir kehadirat Allah SWT.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah akan dibawa ke Kecamatan Dukun setelah salat dhuhur. Kemudian dikebumikan setelah shalat ashar. did