•   Senin, 6 April 2020
Kuliner

Manisan Ubi Jalar, Kado Natal Spesial Astronaut di Stasiun Antariksa

( words)


SURABAYAPAGI.com - Para astronaut akan segera mendapatkan kiriman kado Natal dari Bumi. Kado spesial itu akan dikirimkan melalui kargo Dragon milik SpaceX.
Menurut laporan, kado Natal sudah tiba di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, tiga hari setelah diluncurkan pada 8 Desember 2018, di Cape Canaveral Florida, Amerika Serikat.
Wahana luar angkasa itu membawa 5.600 pon peralatan dan persediaan. Beberapa di antaranya termasuk buah-buahan segar dan camilan liburan untuk enam astronaut Ekspedisi 57, yang akan menghabiskan Natal dan tahun baru di stasiun tersebut.
"Kami menerbangkan sejumlah makanan tambahan, makanan khusus Natal untuk kru, benda-benda standar, manisan ubi jalar, kalkun, jagung, casserole kacang hijau, sejumlah barang tradisional Natal," kata Manajer Deputi Program Luar Angkasa Johnson Space Center, Joel Montalbono, dilansir laman Tech Times, Senin 10 Desember 2018.
Kargo Dragon juga membawa sejumlah peralatan dan bahan untuk penelitian, seperti 40 tikus, laser GEDI untuk mempelajari hutan Bumi, perangkat SlingShit untuk meluncurkan 18 CubeSats dari kapal kargo Cygnus, dan 36 ribu cacing.
Selain itu, para astronaut juga akan menerima hardware untuk stasiun luar angkasa, peralatan komputer, alat luar angkasa dan komponen pakaian dan perlengkapan lain untuk kru di stasiun antariksa tersebut.
Setelah mengirimkan peralatan dan kado Natal, kapsul kargo Dragon itu akan dikirim balik ke Bumi dengan membawa 4.000 pon hasil penelitian dan perlengkapan lainnya. Dragon dijadwalkan mendarat ke Bumi ke Januari 2019.
Dragon diperkirakan akan jatuh di Samudera Pasifik. Wahana itu akan diambil oleh kapal pemulihan segera setelah kembali mendarat di perairan.
Pada tahun-tahun sebelumnya, kado Natal juga di antarkan menuju luar angkasa. Pada 2017, kru stasiun antariksa mendapatkan pohon Natal serta hadiah dari keluarga dan teman.

Kosmonaut Anton Shkaplerov menyatakan, paket tersebut diberi label untuk dibuka pada 15 Desember 2018 untuk astronaut Amerika dan kosmonaut membuka paket Natal pada 31 Desember 2018.

Berita Populer