Manfaat Tanaman Jarak serta Cara Atasi Stroke

SURABAYAPAGI.com - Siapa yang tak kenal tanaman jarak? Tanaman itu merupakan tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan sejak zaman nenek moyang. Bahkan tidak hanya daunnya saja, namun semua bagian dari tanaman jarak baik, batang, biji, buah, getah, akar dan semua dapat dimanfaatkan sebagai obat.
Sebagian masyarakat meyakini tanaman jarak berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan, sakit gigi, perut kembung pada bayi, sulit BAB, rematik, dan lain-lain. Namun benarkah pohon jarak memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan? Atau hanya mitos belaka?

Sementara itu, topik yang tak kalah menarik adalah soal lumpuhnya anggota tubuh akibat stroke. Di Indonesia, penyakit stroke menduduki peringkat pertama penyebab kematian. Stroke bisa dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti seringnya konsumsi makanan berkolesterol tinggj, alkohol, stres, kurang istirahat dan jarang berolahraga.
Salah satu stroke yang berbahaya adalah stroke hemoragik atau yang sering disebut dengan stroke perdarahan. Stroke perdarahan terjadi akibat pembuluh darah pecah sehingga terjadi pendarahan yang menggangu fungsi otak.

Jika otak tidak dapat berfungsi, otomatis seluruh anggota tubuh tidak dapat berfungsi sehingga mengakibatkan kelumpuhan pada organ tubuh.
Lalu bagaimana cara mengatasi stroke dan penanganan pasca stroke agar tidak terjadi kelumpuhan yang berkepanjangan?
Kedua topik tersebut akan dikupas tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT, yang tayang live di tvOne Senin 26 Februari 2018.
Dipandu host dr Haekal Anshari, M.BioMed (AAM)dan dr Reinita Arlin, tayangan ini juga menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya. (viv/cr)